Tragedi Korintus Terulang Kembali

21 July 2007

Rasul Paulus sangat kecewa kepada jemaat di Korintus ketika mereka terpecah belah karena saling iri hati dan perselisihan:

…telah diberitahukan oleh orang-orang dari keluarga Kloe tentang kamu, bahwa ada perselisihan di antara kamu1 Korintus 1:11

Sebabnya, mereka telah membentuk kelompok dan merasa satu kelompok lebih baik dari yang lain:

Yang aku maksudkan ialah, bahwa kamu masing-masing berkata: Aku dari golongan Paulus. Atau aku dari golongan Apolos. Atau aku dari golongan Kefas. Atau aku dari golongan Kristus1 Korintus 1:12

Kalau kita menempatkan diri kita dengan mereka, tidaklah sulit untuk melihat memang di setiap kelompok ada hal-hal yang bisa dibanggakan. Contoh: Saya sendiri, akan bangga di kelompok Kefas (yaitu Simon Petrus, salah satu murid Tuhan Yesus sendiri!)

Di zaman sekarang, mungkin seakan-akan kita mengatakan:

  1. Denominasi saya paling benar,
  2. Saya menganut aliran Pendeta Stephen Tong, atau Pendeta Gilbert, atau nama besar lainnya,
  3. Teologi Calvinist saya jauh lebih baik dari Arminist-mu
  4. Pengetahuan Alkitab saya jauh lebih dalam dari-mu,
  5. dan lain sebagainya

Lalu, apa yang Rasul Paulus katakan tentang hal ini? Tentunya tidak ada yang salah dalam hal ini? Bukankah kita harus mengejar dan menggunakan teologi yang terbenar?

Karena kamu masih manusia duniawi. Sebab, jika di antara kamu ada iri hati dan perselisihan bukankah hal itu menunjukkan, bahwa kamu manusia duniawi dan bahwa kamu hidup secara manusiawi?1 Korintus 3:3

Terus terang saya sangat tersinggung kalau saya dituduh ‘kekanak-kanakan’ atau ‘tidak dewasa’ dalam iman ketika berselisih dan terpecah karena kebenaran teologia, padahal pengetahuan teologia saya cukup dalam tentunya. Tetapi, Rasul Paulus bersikeras untuk hal yang sebaliknya. Karena itu, ia meneliti apa perbedaan antara kelompok mereka, apakah memang benar ada yang sesat?

Jadi, apakah Apolos? Apakah Paulus? Pelayan-pelayan Tuhan yang olehnya kamu menjadi percaya, masing-masing menurut jalan yang diberikan Tuhan kepadanya. Aku menanam, Apolos menyiram, tetapi Allah yang memberi pertumbuhan. Karena itu yang penting bukanlah yang menanam atau yang menyiram, melainkan Allah yang memberi pertumbuhan1 Korintus 3:5-7

Dapat kita simpulkan, ketika kita berselisih dan terpecah karena ‘aliran’ atau teologia semata, Rasul Paulus menyimpulkan kita ‘kekanak-kanakan’, tidak dewasa dalam iman!

Kalau begitu, kita harus bersatu dengan segala cara? Meng-iya-kan dan mengamini segala ajaran? Tentunya bukan ini yang dimaksud oleh Rasul Paulus di dalam suratnya. Ia bahkan bersusah payah menjelaskan dasar gereja Tuhan, bahan bangunan yang terbaik, bak emas, perak dan batu-batu berharga lainnya (1 Korintus 3:11-13) , yaitu Kristus sendiri!

Pertanyaan selanjutnya, apa Kristus itu sendiri? Sekadar menaruh gambar Kristus di gereja? Menyebut namaNya seribu kali? Membangun gedung, paduan suara, kelompok drama di dalam nama Kristus? Apa maksudnya?

7 Responses to “Tragedi Korintus Terulang Kembali”


  1. Yup, benar sekali kita ngaak punya alasan untuk tidak bersatu. Seluruh Tubah Kristus adalah berharga dan layak untuk saling melengkapi. Masih banyak hal yang Tuhan mau kita perbuat untuk mendatangkan KerajaanNya di bumi.

  2. kristian Says:

    Met Natal Mas Rusdy,

    Salam hangat dari saya dan Istri. Tuhan memberkati.

    Regards,

    Kristian N. & Endang

  3. Xaris Says:

    Dicari-cari di kios pasar Klewer ngga ketemu, ternyata jualan yang ini ada di blog sini. Sayang post ini ngga ikutan dipasang di kios sana = )

  4. Xaris Says:

    Habis liat balesan, saya cari lagi, hahaha, saya yang salah. Carinya bukan di ID Garam Dunia, tapi di ID metamorphism itu = P Good… good… nanti mau dibuat link biar dibaca = )


  5. menurut saya,tindakan membdakan dominasi tak ada gunanya.yg Tuhan lhat adlah seberpa besar cinta kta dan seberpa dalam kta menyembah Tuhan dalam Roh dan kebenaran.

  6. walcott Says:

    Thx rus, tulisanmu memberkati sekali🙂
    salam walcott

  7. chandra Says:

    Mau nonton TV atau dengar kotbah2 silakan kunjungi web disini :
    http://www.garamdunia.net

    GBU…


Leave a Reply

