Akibat Pemberontakan Manusia

24 April 2007

Pernah tidak anda berpikir, mengapa anak kecil, yang tidak perlu diajari untuk menjadi egois, bisa egois? Contoh: Tidak sulit untuk melihat antara dua (atau lebih) anak kecil saling bertengkar untuk memperebutkan sebuah mainan. Padahal mereka sudah diajarkan dari kecil untuk saling berbagi, tapi tetap saja mereka bertingkah seperti demikian.

Masalahnya, di dunia orang dewasa lebih parah lagi. Sepasang suami-istri kok bisa bertengkar pada masalah sepele? Saudara sekandung bisa bertengkar atas masalah uang? Di dunia perpolitikan apa lagi, bisa-bisanya mereka saling sikut-menyikut (tidak jarang saling membunuh) untuk mendapat posisi teratas. Manusia bisa saling membenci (sampai membunuh) hanya karena beda agama, warna kulit, ras, atau masalah sepele lainnya. Tidak perlu jauh-jauh, di kehidupan sehari-hari misalnya, betapa menjengkelkan begitu banyak orang yang tidak patuh peraturan dan disiplin, membuat jalan macet! Dunia ini kok dipenuhi orang egois sih?

Bukan saja antara sesama, bahkan dengan alam sekitar. Mengapa bisa ada banjir, gempa bumi, tsunami, penyakit, dan semua yang mengakibatkan penderitaan ini? Kalau memang Tuhan itu ada, berarti Tuhan itu tidak adil, karena Dia mengizinkan semuanya ini terjadi (boleh saya dengar dari komentar orang banyak)! 

Lalu, apa yang Firman Tuhan katakan? Apakah Tuhan itu iseng menambah semua penderitaan ini, untuk menguji manusia semata? Atau ada alasan lain? Mari kita lihat sejarah penciptaan dunia dari Kejadian 1 & 2. Dari buku ini, bisa kita lihat bahwa hal-hal yang disebut di atas belum ada di dunia. Bisa juga dilihat, ada pola yang konsisten setiap saat Allah selesai mengerjakan sesuatu setiap harinya:

“Allah melihat bahwa semuanya itu baik” Kejadian 1:4, 10, 12, 18, 21, 25, 31

Kesimpulan, dunia ini pertama kali diciptakan dalam keadaan sempurna! Tidak ada penderitaan, fitnah, luka, ataupun penderitaan lainnya yang kita alami pada saat sekarang. Lalu, apa yang membuat dunia ini berubah? Apakah karena manusia mulai melakukan hubungan seksual? Karena makan buah apel terlarang?

Daripada membuat-buat cerita mengapa begini begitu, atau sekadar percaya gosip, mari langsung melihat Firman Tuhan. Seperti tulisan yang sebelumnya, menurut Firman Tuhan, manusia memutuskan untuk tidak mengikuti peraturan Allah (yang sudah diberitahu sebelumnya, termasuk akibatnya!). Karena keputusan manusia ini, akibatnya:

  1. Rusaknya hubungan manusia dengan Tuhan. Kalau mau dibandingkan Kejadian 3:8-9, bahwa Tuhan sempat-sempatnya berjalan berdampingan dan manusia bisa bertemu langsung, maka akibat dari pemberontakan manusia, kita telah menjauhkan diri kita dari Allah pencipta langit, bumi dan segala isinya. Pada ayat yang sama, bisa kita lihat bahwa Adam dan Hawa menyembunyikan diri mereka sendiri dari Allah!
  2. Rusaknya hubungan sesama manusia. Menurut Kejadian 3:12, manusia mulai saling menyalahkan sesama (tidak mengambil pertanggungjawaban atas kesalahannya sendiri). Mereka juga tidak seintim seperti seharusnya, sebelum mereka memakan buah terlarang, mereka tidak malu bahwa mereka terlanjang di hadapan sesama! Inilah asal mula mengapa kita tidak bisa akur lagi dengan sesama, bahkan sesama suami istri!!!
  3. Rusaknya hubungan manusia dengan alam. Kalau dulu mereka bisa ‘bekerja’ dengan senangnya, tanpa penderitaan di dunia. Setelah kejadian ini, Tuhan telah mengutuk alam sehingga manusia harus bekerja dengan bersusah payah dan penuh penderitaan (Kejadian 3:17-19). Inilah asal mula mengapa kita selalu merasa pekerjaan sebagai ‘beban’. Mengapa sulitnya mendapat job satisfaction!!

Lalu apakah berhenti di sini saja? Untungnya saja tidak, walaupun manusia tidak mampu untuk menyelesaikan masalah ini, Allah sendiri yang menyiapkan rencana penyelamatan. Wah! Apa rencana penyelamatanNya?

One Response to “Akibat Pemberontakan Manusia”

  1. rogan Says:

    makasih banyak artikel ini dicopas buat bikin clipping ya dizinkan ya. terima kasih


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: