Mengaku Sebagai Tuhan

11 April 2007

Melanjutkan tulisan yang sebelumnya, akankah lebih mudah untuk kita mengenal si presiden, jika dia memperkenalkan dirinya sendiri kepada kita? Bentuknya bisa berbagai cara tentunya:

  • Hubungan langsung antara si presiden dengan kita: melalui empat-mata, telepon, surat menyurat, dan lain sebagainya
  • Tidak langsung: membaca biografi (jurnal, buku, dan lain sebagainya) tentang si presiden, atau mencari tahu dari kerabat dekat dan teman si presiden.

Melalui metode di atas, kita bisa mencari tahu (atau mengenal lebih dalam) siapa presiden ini. Lebih penting lagi, apabila presiden ini memang benar ‘si presiden’ atau yang palsu! Contohnya, seorang turis dari luar Indonesia ingin mencari tahu latar belakang siapa presiden Indonesia. Ada banyak cara tentunya, dan bisa dikategorikan seperti 2-poin yang saya sudah sebutkan di atas. Tapi, bagaimana si turis ini tahu, bahwa hasil penelitian tentang ‘si presiden’ ini benar atau salah? Sejauh ini si turis telah mendapat informasi seperti berikut:

  1. Si turis mendapat puluhan artikel yang ditulis oleh jurnalis terkemuka, bahwa ‘si-SBY’ adalah presiden Indonesia,
  2. Si turis juga mendapat banyak artikel ‘si-SBY’ ini menjalankan tugas-tugas yang hanya presiden bisa lakukan,
  3. ‘Si-SBY’ ini juga terang-terangan mengaku di berbagai pidato, bahwa dia adalah presiden Indonesia.
  4. Di forum publik dari berbagai majalah dan surat kabar, si turis melihat, berbagai kalangan, baik yang mendukung si presiden maupun tidak, menyinggung ‘si-SBY’ ini memang presiden Indonesia.

Nah, kalau kita mau simpulkan dari 4-poin di atas: pengakuan dari orang lain, baik kualitas (jurnalisme terkemuka) maupun kuantitas (banyak orang yang mengaku bahwa ‘si-SBY’ ini presiden), bahkan dari kalangan yang tidak menyukai ‘si-SBY’ pun mengaku bahwa dia adalah presiden, bisa ‘si turis’ simpulkan kalau ‘si-SBY’ ini memang presiden Indonesia!!

Dengan metodologi yang sama, kita seharusnya bisa meneliti bahwa apa, siapa, eksistensi Tuhan itu. Menggunakan analogi poin 1 sampai 4 seperti di atas:

  1. Artikel, jurnal, kitab suci apa yang mempunyai referensi ke Tuhan? Wah, banyak sekali jawabannya. Kalau anda punya waktu🙂 , saya undang anda baca sendiri, karena kalau anda bertanya kepada orang lain, bahkan yang mengaku beragama pun, mereka sendiri terkadang (baca: terlalu sering) tidak pernah membaca buku panduan atau kitab suci mereka sendiri!!! Untuk mendapat informasi yang akurat, akan lebih baik jika anda membacanya sendiri!!! Mulailah dari latar belakang Islam, Kristen, Budha, Hindu, dan terlalu banyak lainnya.
  2. Kalau seseorang (atau sesuatu) mengaku sebagai Tuhan, ‘sesuatu’ ini seharusnya bisa melakukan yang ‘Tuhan’ bisa lakukan. Contohnya, kalau definisi ‘Tuhan’ itu pencipta langit dan bumi, ‘Tuhan’ ini juga seharusnya bisa mengontrolnya, seperti mengontrol cuaca, tanaman, atau bahkan kematian dan kehidupan! Setuju?
  3. ‘Sesuatu’ ini juga terang-terang mengaku ‘Tuhan’
  4. Banyak didukung saksi-saksi (tidak hanya sekadar pengikut), bahwa ‘sesuatu’ ini memang ‘Tuhan’!!

Kalau kita pikirkan secara logis, banyak sekali informasi tentang ‘Tuhan’ yang bisa jatuh di kategori 1, 2, 3 atau 4 di atas (tidak terlalu banyak di poin ‘3’ tentunya). Tapi, marilah kita pikir lebih jauh lagi, siapa  yang bisa jatuh ke kategori 1, 2, 3 dan 4 secara konsiten???

Saya undang anda untuk berpikir akibat dari metodologi ini. Kalau ada ‘sesuatu’ di dunia ini yang bisa memuaskan 4-kategori di atas, kita bisa menyimpulkan bahwa Tuhan itu ternyata bukan sesuatu yang ‘mistis’, atau ‘struktur-yang-belum-kita-ketahui’, melainkan ‘sesuatu’ yang sudah memperkenalkan diriNya kepada kita dan kita bisa mengenalNya!!!! Setuju??

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: