Masturbasi Itu Dosa?

7 May 2007

Amat disayangkan bahwa topik seksualitas tidak terlalu banyak didiskusikan (bisa dibilang hampir tidak pernah) di kalangan kristen, karena hal ini dianggap tabu, untuk suami-istri saja atau banyak alasan lainnya. Masalahnya, di dalam pengalaman saya, apalagi di kalangan muda-mudi, mereka sangatlah ingin mengetahui apa pandangan Alkitab di dalam hal ini. Contohnya saja, salah satu kegiatan tambahan di sekolah saya (pada jaman dahulu kala ;) ), pendalaman alkitab, jarang sekali yang meminatinya, tetapi, ketika topik seksualitas muncul, kelas ini langsung penuh! Pesertanya pun sangat aktif dalam berdiskusi dan bertanya.

Mengapa topik ini begitu menarik perhatian? Apakah memang ini hanyalah bagian dari naluri manusia yang sudah dari sananya? Atau dari evolusi? Sudah saya paparkan di tulisan yang sebelumnya asal muasal seksualitas ini menurut Alkitab. Tetapi, di artikel ini, ada satu hal spesifik yang ingin saya lebih bahas lebih lanjut: masturbasi.

Apakah masturbasi itu dosa?” merupakan mayoritas pertanyaan yang dilontarkan oleh peserta pendalaman alkitab pada waktu itu. Tentunya, pertanyaan ini ditulis di secarik kertas, dan dikumpulkan, lalu hanya pertanyaan yang paling banyak sajalah yang dibahas waktu itu. Tidak ada yang punya nyali untuk mempertanyakan hal ini secara langsung pada waktu itu. Terus terang saja, saya sama sekali tidak ingat apa yang saya pelajari dari diskusi ini (sudah terlalu lama ;) ), tetapi topik ini selalu hangat, bahkan sampai sekarang!

Untuk mendapat jawaban yang ‘Alkitabiah’, tentunya kita hanya dapat berdasarkan pada Alkitab, bukan pada perkataan atau analisa si ‘A’, ‘B’, atau tokoh terhormat lainnya, termasuk presiden (dan termasuk saya sendiri tentunya)!!! Berdasarkan prinsip ini, ada beberapa fakta dari Firman Tuhan yang perlu dipertimbangkan dalam hal masturbasi:

  1. Seks diciptakan oleh Tuhan dengan tujuan yang baik dan untuk dinikmati oleh sepasang suami istri (Kejadian 1:27,31 dan Kejadian 2:24)
  2. Alkitab tidak memiliki tulisan langsung mengenai hal masturbasi. Akibatnya, Alkitab tidak mendukung ataupun melarang hal ini. Marilah kita berhati-hati dalam melarang hal-hal yang Alkitab pun tidak menyebutnya.
  3. Pengajaran langsung dari Yesus sendiri: “jika ada orang yang memandang perempuan dengan pikiran penuh hawa nafsu, orang itu sudah berbuat zina dengan perempuan itu dalam pikirannya” Matius 5:28
  4. “”Segala sesuatu diperbolehkan.” Benar, tetapi bukan segala sesuatu berguna. “Segala sesuatu diperbolehkan.” Benar, tetapi bukan segala sesuatu membangun. Jangan seorangpun yang mencari keuntungannya sendiri, tetapi hendaklah tiap-tiap orang mencari keuntungan orang lain” 1 Korintus 10:23-24

Kesimpulan, bukan masturbasi itu sendiri yang menyebabkan dosa, tetapi mengapa seseorang melakukannya:

  • Jika seseorang melakukannya karena nafsu birahi yang dibangkitkan dari orang lain  yang bukan istri (atau suaminya), melalui gambar-gambar maupun hanya imajinasi, menurut Matius 5:28, ini merupakan perbuatan dosa
  • Jika seseorang melakukannya dengan tujuan mengontrol hawa nafsu, baik sebagai seorang bujang (atau perawan), ataupun karena si suami atau si istri yang sedang berpergian dalam jangka waktu yang lama, ini menjadi masalah ‘kebebasan orang percaya’ (Roma 14, 1 Korintus 10:23-33)

Tujuan saya menulis artikel ini adalah untuk mengundang sesama pengikut Yesus, untuk tidak membebani sesama dengan perintah-perintah atau larangan yang bahkan tidak pernah disebut di dalam Alkitab. Pada saat yang sama, kita sebagai pengikut Yesus, tidak mencari alasan ‘saya boleh kok melakukan hal ini karena ini itu‘, melainkan mencari kepentingan orang lain terlebih dahulu.

About these ads

81 Responses to “Masturbasi Itu Dosa?”

  1. Josua Manurung Says:

    IYA!!! MASTURBASI ITU DOSA!!!
    Dikirimkan oleh Josua Manurung pada Sen, 2007-05-07 17:48.

    Waduh… garam dunia…

    kalau tulisanmu dibaca oleh anak-anak sma-smp ke bawah…

    bisa bahaya akibatnya…

    Roma 4 dan 1 Korintus 10 itu tidak berkaitan langsung dengan dosa masturbasi….

    BACA KEJADIAN 38:1-10

    Sebuah kisah tentang Onan…

    asal kata onani atau masturbasi… itu saja sudah cukup jelas….

    itu saja sudah ada di Alkitab … JANGAN BILANG BELUM JELAS!!!

    dan bahkan Allah menghukum mati dia….

    jangan seperti Dokter Boyke yang bilang itu sah-sah saja dan sehat… dia kan dari Kedar dan Nebayot…. bukan Israel…. bagi Kedar dan Nebayot mungkin sah-sah saja bermasturbasi setiap hari… bahkan beristri lebih dari 2…

    Bagi kaum muda pria dan wanita… jika saudara berpelayanan lebih baik saudara jauhi dosa yang satu ini… bertobatlah sekarang… Bukankah ketika melayani TUHAN menginginkan Kekudusan Hati dan tubuh kita… jasmani dan rohani…

    Ikut Tuhan memang tidak gampang… tidak, tidak diberat-beratkan…

    kalau tidak mau susah dan menahan keinginan daging ya….

    silahkan saja…

    TUHAN Memberkati.

    • iwan Says:

      Di sini saya tidak akan bilang apakah Masturbasi itu dosa atau tidak.
      Saya hanya akan menanggapai argumentasi anda yang mencomot KEJADIAN 38:1-10 untuk mendukung pendapat anda.
      (Sebuah kisah tentang Onan…).

      Memang betul, Tuhan menghukum mati dia.
      Tapi Tuhan marah dan menghukum mati kepada dia bukan karena dia melakukan masturbasi, tetapi karena dia tidak mau memberikan keturuan pengganti buat saudaranya, yang dilakukannya dengan cara menumpahkan spermanya “di luar” pada saat sedang berhubungan intim.

      Harap dibaca baik2 dan tidak segera menginterpretasikan secara dangkal. Kemarahan Tuhan di dalam kisah ini adalah lebih karena dia tdk mau bertanggung jawab, tidak mau membuahi/menghamili wanita itu, tidak mau memberikan keturunan. Bukan karena kegiatan masturbasi itu.
      Dalam dunia kedokteran sekarang ini, apa yang dilakukannya itu disebut “Coitus interuptus”, dimana pada saat akan ejakulasi, dia mencabut penisnya dan mengeluarkan air mani/spermanya “di luar”.

      Selamat membaca kisah tersebut dan merenungkannya kembali.

      Terima kasih.

  2. Garam Dunia Says:

    Josua, maaf bila saya berbeda pendapat dengan anda dalam hal ini.

    - Dalam hal Onan, Kejadian 38:1-10, konteksnya adalah:

    “Lalu berkatalah Yehuda kepada Onan: “Hampirilah isteri kakakmu itu, kawinlah dengan dia sebagai ganti kakakmu dan bangkitkanlah keturunan bagi kakakmu.” Tetapi Onan tahu, bahwa bukan ia yang empunya keturunannya nanti, sebab itu setiap kali ia menghampiri isteri kakaknya itu, ia membiarkan maninya terbuang, supaya ia jangan memberi keturunan kepada kakaknya” Kejadian 38:8-10

    Di dalam konteks cerita Onan, dia dihukum mati oleh Tuhan karena ‘gagal’ memenuhi perintah ayahnya, Yehuda, bukan karena masalah masturbasi.

    Untuk anak-anak SMA dan SMP, bahkan semua orang, seperti yang sudah saya katakan, tujuan artikel ini adalah untuk mengundang anda untuk membacanya sendiri dari Alkitab, tentang masturbasi ini sendiri. Karena, seringkali masalah legalitas menjadi batu sandungan para kaum muda. Terlalu banyak perintah-perintah yang beredar di kalangan kristen adalah hasil dari ‘kebudayaan’ semata, bukan dari Alkitab itu sendiri.

    Saya tidak mempunyai masalah untuk mengatakan “Masturbasi itu Dosa”, bahkan kenapa berhenti di situ, “Wanita berpakaian lebih tinggi dari lutut itu dosa”, dan banyak lain sebagainya. Tapi, yang saya ingin diskusikan di sini adalah: baca sendiri Firman Tuhan dan berdoalah dengan pimpinan Roh Kudus, dengan rendah hati dan terbuka akan perintah Tuhan dan larangan-larangannya.

    Jangan percaya saya, presiden, atau orang lain, tapi percayalah pada Firman Tuhan! Karena itu adalah kuasa dari Allah!

    Kesimpulan: saya tetap berbeda pendapat dengan Pak Josua dalam hal ini, tetapi bukan berarti saya mengatakan kalau kita percaya “masturbasi itu dosa” itu salah. Tidak sama sekali!

    Kalau kita sudah membaca Firman Tuhan dengan rendah hati, dan meminta pimpinan Roh Kudus dalam pengertian FirmanNya, dan merasa memang “masturbasi itu dosa”, percayailah itu segenap hatimu dan jangan melakukannya! Tetapi, saya sudah membacanya sendiri (saya sudah membaca Alkitab dari Kejadian-Wahyu dua kali, bahkan mendiskusikan dengan banyak orang kristen lainnya, baik pastor maupun sesama, bahwa tulisan yang saya tulis di atas adalah pandangan banyak orang kristen.

    Saya tekankan lagi: saya tidak ingin memecah pengikut Tuhan dalam masalah hal ini, biar Tuhan sendiri yang mengutuk saya bisa hal ini terjadi. Tetapi, marilah kita baca Firman Tuhan itu dengan hikmat, dan mengetahui apa yang terpenting dalam mengikut Yesus!

    • noftrialfa neno Says:

      gimana kalau kita sama2 baca imamat 15:1-5
      jawabanya terserah yg baca, so ada firman yg mengatakan “kuduslah kamu sebab AKU kudus”

    • Avent Says:

      Dalam Gereja Katolik, masturbasi itu dosa. Mengapa dosa? Cinta yang memiliki unsur seksual harus terarah kepada orang lain, atau biasa disebut heteroseksual. Jadi “ekspresi” nafsu seksual sebagai hal kodrati manusia, mesti atas dasar “cinta” kepada lawan jenis. Tapi itu pun bukan sembarangan lawan jenis, melainkan hanya dengan suami atau istri yang sudah nikah Gereja. Kalau pun ada yang berhubungan seksual di luar nikah Gereja, itu dianggap dosa juga, sehingga mereka tidak diperbolehkan menerima tubuh kristus dalam misa.

      Masturbasi, orang mengekspresikan nafsu kodratinya dengan terarah kepada diri sendiri. Itu namanya cinta diri. Nafsu seksual, bukan untuk diri sendiri, melainkan untuk pasangan hidup demi melanjutkan penciptaan yang telah dimulai oleh sendiri sejak Allah menciptakan manusia.

      Setiap orang yang bisa membaca, pasti bisa juga membaca Kitab Suci. Tapi tidak cukup hanya membaca Kitab Suci, kita juga harus membaca tafsiran-tafsiran para ahli Kitab Suci atau Hirarki Gereja dalam diri seorang paus, uskup, pastor yang belajar secara mendalam tentang Kitab Suci.

      Cerita atau ajaran dalam Kitab Suci memiliki latarbelakangnya pada zaman atau budaya dahulu. Kita mesti secara jeli membaca dan menafsirnya. Dan kejelian ini, tidak cukup hanya dengan berdoa atau merenungkannya tanpa pengetahuan yang mendalam tentang Kitab Suci itu sendiri.

      Sebagai komunitas beriman yang menyata dalam bentuk lembaga Gereja, agama Katolik, kita memberikan kepercayaan penuh kepada para pejabat Gereja, dalam hal ini Paus dan Uskup yang bisa menafsir Kitab Suci dengan lebih baik daripada kita yang lain yang cuma membaca kitab suci, tanpa belajar tentang cara menafsir, dan tentang apa saja yang perlu ditafsir.

      Paus dan Uskup yang memiliki otoritas mengajar umat beriman, kepada merekalah kita serahkan tanggung jawab penafsiran itu.

      Hendaklah kita tidak mengarahkan orang untuk menafsir Kitab Suci seturut kemauannya sendiri, kesukaannya sendiri. Jangan membenarkan kesalahan-kesalahan kita dengan bersembunyi di balik ayat-ayat Kitab Suci yang kita tafsir secara salah.

      Umat yang terkasih. Masalah masturbasi itu adalah masalah moral dalam Gereja Katolik. Gereja memiliki ajaran moral tentang hal-hal demikian, dan tentu atas dasar penafsiran yang mendalam tentang teks-teks Kitab Suci.

      Kalau umat sekalian sedang bingung dengan ajaran-ajaran tertentu, hendaklah kita tidak cari jalan sendiri-sendiri. Berdiskusilah dan tanyakan kepada orang lain yang lebih tau tentang itu. Praktisnya, pergilah ke pastor-pastor terdekat dengan tempat tinggal kita, atau bahkan kita mesti temui uskup kalau kamu sungguh-sungguh mau mendapatkan jawaban dan penjelasan yang cukup tepat tentang masalah-masalah yang membingungkan itu.

      Kalau kamu anggota Gereja yang dibaptis dalam nama Yesus entah oleh pastor atau diakon atau uskup atau paus, hendak teguh setia pada ajaran Gereja universal. Ajaran Gereja untuk seluruh umat beriman di dunia itu sama. Umat tidak boleh semau gue, menafsir sendiri kitab suci.

      Terima Kasih……

  3. ele Says:

    @joshua manurung
    Lae, bukan dokter boyke aja yg bilang kalo mstrbs itu sah kalo lagi “sesak”. ada juga beberapa pendeta universitas yang menyetujuinya.

    skali lg, ini bukan kata si A kata si B, back to the Bible.

    @mas rusdy, great blog! JBu…

    • joy Says:

      Satu hal menjadi tanda bahwa satu hal yg kita perbuat itu dosa atau tidak,: adalah ketika melakukannya ,, hati kita merasa tidak damai, atau tertuduh bahkan tertekan ,,, itu berarti adalah dosa. sebab yg mengenala keseluruhan pengertian dan arti perintah Tuhan adalah roh kudus. tapi ini berlaku bagi orang yang sungguh sngguh telah lahir baru dan memiliki Roh Allah dalam hidupnya.
      Dan dosa pasti membawa kita menjauh dari Tuhan, sampai kita mengakui dosa itu dan Tuhan mengampuni kita.

  4. indiegal Says:

    Kalo balik ke jaman Perjanjian Lama, ada tertulis… “jangan mengeluarkan air mani-mu dgn sembarangan”…
    Bukan di 10 perintah lho… Tp di Kitab Perjanjian Lama… (mslhna gw lupa dimana hehe)

    Bagaimana sekarang dgn di Zaman Anugerah (masa Perjanjian Baru)… ?

    Yg gw dapat selama hidup dalam Tuhan…
    Christianity is about your own relationship with God. And also with your neighboor (sesama)
    Kalo Qta cinta Tuhan, pasti Qta akan melakukan apapun utk yg Qta cinta… Termasuk juga tidak melakukan apapun yg Qta cintai itu tidak ingini…

    Yah, klo masturbasi kan gak mungkin orang melakukan hal itu dgn pikiran yg kudus… dan motivasi utk melakukannya pastinya utk memuaskan keinginan daging org itu sendiri…

    Yah, sudah pastilah tidak ada damai sejahtera di dalam aksi seperti itu… Kekudusan Tuhan yg seharusnya berdiam di dalam tubuh mengalami distorsi. Begitu juga hubungan lo ama Tuhan…mengalami distorsi.

    Yah, kapan ‘naeknya’ hubungan ama Tuhan kalo jatuh bangun begitu…

    Lagian kan, hukum2 di Perjanjian Lama itu gambaran dari Yesus Kristus… So, itulah Qta butuh Roh Kudus dan kuasa di dalam nama Yesus utk fighting temptation…

    Buat Tuhan pun tidak ada dosa BESAR / KECIL…
    Yg ada tuh KUDUS dan NAJIS…
    Dosa Qta menyebabkan Qta najis di hadapan Tuhan…
    *Gak layak lho masuk Ruang Maha Kudus hikss*

    Tujuan saya menulis artikel ini adalah untuk mengundang sesama pengikut Yesus, untuk tidak membebani sesama dengan perintah-perintah atau larangan yang bahkan tidak pernah disebut di dalam Alkitab. Pada saat yang sama, kita sebagai pengikut Yesus, tidak mencari alasan ’saya boleh kok melakukan hal ini karena ini itu‘, melainkan mencari kepentingan orang lain terlebih dahulu.

    Setuju… !
    Intinya, kasih menutupi segalanya. Tapi jangan lupa juga kalo Tuhan itu KUDUS.

    Hidup dalam Roh, bukan dalam daging ;-)


  5. Menurut saya sih itu dosa… referring to the story of Onan…

    Lagipula, kayaknya sih tidak mungkin ya kita melakukan ‘m’ tersebut dengan tidak berpikiran kotor…..

    Kalau saya sih gak mungkin, jadinya ya zinah deh…

    • jacob Says:

      mas antony, kalau jawaban anda seperti itu, berarti anda dilahirkan melalui tindakan kotor ya…???

      • febry Says:

        buat saudara jacob
        baca:
        Mazmur 51:7 ” sesungguhnya dalam kesalahan aku diperanakkan, dalam dosa aku di kandung ibuku”

  6. Roris Says:

    Saya seorang yang kurang percaya dengan tuhan. Tp hal ini juga membingungkan bagiku. Kalau menurutku si dosa walaupun saya juga melakukannya. Tp yang terpenting berbuat yang terbaik jangan jd batu sandungan buat sesama. Tidak ada yang sempurna. Ok peace

  7. ebenxaditz Says:

    aku jadi sadar akan dosa onnani itu
    tapi mengapa aku sering melakukan nya aku sudah beberapa
    kali di doakan! tapi masih saja melakukan nya?
    aku merasa sudah tidak layak lagi untuk datang ke TUHAN
    gimanaya solusinya?…….,gbu all

    • febry Says:

      dosa yang diakui adalah dosa yang diampuni :)

      ilustrasi: apabila kita berbuat salah terhadap orang lain, sekali dua kali, dia masih mudah untuk memaafkan, namun apabila dilakukan terus menerus, bagaimana dia bisa mengampuni, bisa saja kamu kehilangan kepercayaan dari org tsb.

      Begitu juga dengan Bapa.
      so, hiduplah dalam roh bukan dalam daging :D
      keep spirit with God yaa :)

  8. gme Says:

    Aku juga termasuk orang yg sejak dulu jatuh ke dalam lingkaran masturbasi. Kenal nya sejak SMP.

    Terlalu sering jatuh bangun, sampai uda ga ngrasa bersalah lagi ngelakuinnya. Tapi aku sadar sih, ternyata bukan perbuatannya yg jadi masalah buat Tuhan, tapi awal kenapa kita sampai melakukan itu.
    Kalo dari awal kita uda menurunkan standar ttg kekudusan which is “..disebut saja diantara kamu pun jangan..” (ga tau kata tepatnya, tp intinya kira2 gitu deh) pasti kita bakal jatuh lagi.

    Saya tidak menentang masturbasi, tapi menentang apa yang membuat kita masturbasi. Menurut para ahli, masturbasi memang alami, mungkin waktu kecil kita juga secara ga sadar melakukannya, tapi waktu dulu kita lakukan motivasinya mungkin berbeda saat kita melakukannya sekarang.

    So, jgn berdoa kita berhenti masturbasi, apa gunanya kita ga masturbasi, tapi pikiran kita dipenuhi sama gambar2 cewe2 yg ga sopan, omongan kita ga jauh dari sekwilda dan bupati, dll.

    Jadi menurut aku, kita mesti ubah cara pandang kita ttg masturbasi itu. Ttg kisah Onan, kayanya itu beda kasus deh, Tuhan bukan nghukum dia karena dia buang2 mani dia, tapi kenapa dia buang mani dia..yg sama2 lah, intinya alasan utama dia ngelakuin hal itu. Bahkan sebelum dia nglakuinnya, dia sudah berdosa terlebih dahulu.

    Ada komentar?

  9. HanaMasa Says:

    Adalah dosa, apa yang memunculkan N-A-F-S-U
    Sebab asal muasal dosa dan daging, adalah N-A-F-S-U
    (Tentunya yang berarti negatif, bukan nafsu makan, nafsu belajar atau bekerja….^^;)
    Jadi, tanpa perlu memikirkan bagaimana caranya atau apa tujuannya, bagi saya, selama itu berarti ada N-A-F-S-U nya maka itulah awal dari dosa
    Ya Bapa, ajarilah kami semua untuk mengekang hawa nafsu dan belajar hidup dalam Roh yang suci. Amin.

  10. Garam Dunia Says:

    Dikutip dari HanaMasa:

    Tentunya yang berarti negatif, bukan nafsu makan, nafsu belajar atau bekerja

    Setuju, nah, di artikel ini, saya hanya ingin mengundang para pembaca (terutama pengikut Yesus) untuk me-redefinisi apa ‘nafsu’ ini tersebut.

    Dari pengalaman saya, mayoritas pengikut Tuhan mengkategorikan ‘nafsu seksual’ ini adalah dosa. Padahal, seperti yang dijelaskan oleh artikel ini di atas, dari Kejadian 1:27,31, nafsu seksual sebenarnya adalah bagian dari manusia normal. Sama halnya dengan nafsu makan, minum, dan lain-lain.

    Masalahnya, sejak kejatuhan manusia dari dalam dosa, semua nafsu ini telah disalah gunakan. Karena itu, Yesus sendiri tidak melarang hawa nafsu, melainkan penyalah gunaan hawa nafsu.

    Contoh: nafsu makan baik untuk menjaga kesehatan kita, tetapi, ketika kita menyalah gunakan nafsu ini, sehingga menjadi ‘obese’, apakah ini normal? Ketika kita menyalah gunakan nafsu seksual, sehingga mengingini istri orang lain, apakah ini benar?

    Sekali lagi, marilah kita kembali ke Firman Tuhan untuk mere-definisi semuanya ini. Bukan melakukan ini atau itu, tetapi mengapa kita melakukannya


  11. aku kok suka banget masturbasi sambil pake seragam sekolah lengkap ya?? temen2 ku pada bilang aku fetish seragam, gimana cara nyembuhin kelainanku ini ya??

    GBU

  12. Lando Says:

    Aq pria 23th dmana sejak SMP udah lakuin yg namax Onani…
    Berbagai pendapat baik itu dri pakar seks atau pendeta…
    Tidak ada yg dapat membuat aq berhenti untuk lakuin hal tersebut.Biasa aq buat komitmen dlm hati untuk tdk melakukanx tapi tanpa sadar udah mulai lgi…yah begitulah,bahkan setelah melakukanx aq merasa berdosa dan mulai lgi aq baca2 Alkitab dan minta maaf ama Tuhan.
    Hingga akhirnya aq coba hal yg ortu aq ajarkan sejak kecil yaitu berdoa sebelum melakukan sesuatu.
    Jdi jika qta tergoda untk melakukan hal itu lgi menangkanlah dlm pikiran qta untk berdoa, kiranya hal itu tidak akan qta lakukan.
    Dan untk qta pria yg udah punya pacar hargailah anugrah dari Tuhan tersebut jgn coba2 cemarkan dia.
    Atau klo tergoda untuk melkukan hal2 yg tdk2…..
    Ajaklah dia sama2 berdoa sebelumnya dan menangkanlah dlm hati dan pikiranmu.
    JCB us.Shaloom.

    • jacob Says:

      saya sudah mulai masturbasi sejak kelas 6 sd… dan awalnya saya sangat senang saat melakukan hal itu karena saya menemukan hal itu sendiri… namun kemudian, saya mulai berpikir apakah masturbasi itu baik atau buruk, karena semakin hari saya melakukannya setiap hari.

      akhirnya, karena “merasa” hal itu dosa saya mulai menguranginya, memang butuh perjuangan yang sangat berat untuk menguranginya. bisa, dan semakin berkurang…

      namun yang jelas saya tidak tau kenapa hal itu terjadi, atau alasan yang jelas, ada banyak orang yang menganggap hal itu dosa tapi, tidak memberikan alasan yang tepat, intinya mereka tidak membantu sama sekali…!!!

      setidaknya pagi ini saya membuka lebih dari 4 web untuk mencari kebenaran tentang benar atau salah hal ini dari sisi AGAMA…(kalau secara umum saya sudah tau) dan saya pikir, Garam dunia memiliki jawaban terbaik dari sisi agama… Trim’s ya… Gbu…!!!

  13. Garam Dunia Says:

    @fetish-seragam:
    Maaf komentar anda terjaring oleh Akismet spam, baru sadar hari ini ;)

    Seperti yang sudah saya komentarkan di atas, tersering kali kita menyalah gunakan nafsu kita untuk mencari kepuasan pribadi, bukannya mencari kepuasan yang ditemukan dari menjalin hubungan dengan Tuhan kita.

    Terlalu sulit untuk saya berkomentar dengan tidak mengetahui masalah anda secara pribadi, sehingga saya hanya bisa menganjurkan yang Lando sudah komentarkan di atas:

    Lando berkomentar:
    “Hingga akhirnya aq coba hal yg ortu aq ajarkan sejak kecil yaitu berdoa sebelum melakukan sesuatu”

    Karena bukan melalui tindakan-tindakan kita semata bahwa kita berdosa kepada Tuhan (bukan masturbasi, bukan ini, bukan itu), melainkan mengapa kita melakukan hal-hal tersebut. Jika anda benar-benar mencari Tuhan, berdoalah dengan sungguh-sungguh, dan biarlah Tuhan sendiri membukakan hati anda untuk menyembahNya semata, bukan nafsu kita (sekali lagi, bukan nafsu yang salah)

  14. kanjengdewi Says:

    bung rusdy, saya senang membaca artikel anda ttg masturbasi, not judgmental,sangat dewasa.
    saya ingin tahu opini anda tentang masturbasi yang dilakukan oleh lajang untuk mengontrol hawa nafsu yang seperti anda katakan,apakah bisa dibenarkan apabila tujuan ia melakukan itu adalah sebagai ekspresi mencintai tubuhnya sebagai BERKAT yang harus disyukuri, sementara ia belum mempunyai pasangan utk melakukan hubungan seksual?dan setelah melakukan itu dengan tanggungjawab, kemudian ada perasaan nyaman dan confidence, bagaimana opini anda ttg hal ini?
    terimakasih, Tuhan Berkati

  15. Garam Dunia Says:

    @kanjengdewi:
    Berusaha untuk berkomentar sependek mungkin ;) , meurut saya, Matius 5:28 menjadi tolak ukur yang paling praktis. Setiap orang memiliki pengendalian diri yang berbeda. Nah, mengapa kita melakukan masturbasi, dapat dites dengan cukup mudah menggunakan ajaran Yesus ini.

    Kalau mau dilegalitas, atau diberi batas antara benar atau salah:

    1. Mampukah kita bermasturbasi tanpa melanggar Matius 5:28. Maksudnya, tanpa mengingini suami/istri orang lain?

    2. Masturbasi bisa mengakibatkan kecanduan. Dimana garis batasnya, sehingga kita tidak menjadi diperbudak oleh masturbasi?

    Kita perlu ingat, di Alkitab, bukan tindakan yang mengakibatkan kita bersalah atau tidak, melainkan mengapa kita melakukan sesuatu.

    Untuk bacaan lebih lanjut, silahkan baca di:

    http://www.new-life.net/mastrbte.htm

    Menurut saya, artikel ini ditulis dari pandangan yang sangat Alkitabiah (tidak menurut opini seseorang, tapi mengupas pengertian Alkitab yang benar). Pada saat yang sama, sangat praktis dalam menyinggung masalah yang timbul dari masturbasi.

  16. anakmetal Says:

    Coba liat Imamat 15:2

    Menurut Anda bagaimana bila dikaitkan dengan kesimpulan yang Anda buat?

  17. Garam Dunia Says:

    Wah, jika kita menggunakan prinsip “buka Alkitab dan dipatuhi seliteral mungkin”, menurut pendapat saya, akan sangat menarik, apalagi untuk semua hukum taurat yang tercatat di kitab Imamat.

    Contoh lain, di Imamat 15:16

    “Apabila seorang laki-laki tertumpah maninya, ia harus membasuh seluruh tubuhnya dengan air dan ia menjadi najis sampai matahari terbenam”

    Juga, Imamat 15:19

    “Apabila seorang perempuan mengeluarkan lelehan, dan lelehannya itu adalah darah dari auratnya, ia harus tujuh hari lamanya dalam cemar kainnya, dan setiap orang yang kena kepadanya, menjadi najis sampai matahari terbenam”

    Banyak contoh-contoh lainnya. Nah, apa aplikasinya di kehidupan kekristenan kita? Apakah kita harus mengikuti hukum-hukum Taurat ini?

    Saya sendiri mengalami kesulitan untuk menjawab topik ini secara singkat, karena ini menyangkut ‘ceremonial law’, yang telah digenapi oleh Yesus. Untuk bacaan lebih lanjut, saya anjurkan melalui artikel di:

    http://www.ceremoniallaw.net/index.html

    Kesimpulan, Imamat 15 (dan banyak hukum taurat lainnya) merupakan bagian dari ‘ceremonial law’ yang tidak bisa kita aplikasikan setelah penggenapan hukum-hukum ini, yang telah dilakukan dengan sempurna melalui juru selamat kita, Yesus Kristus.

    • 7VE Says:

      Saya sudah membc semua diskusi ttg masturbasi ini, ad sedikit debat,

      Apakah kita boleh melakukan itu jika tanpa mengingini wanita lain?
      (utk kebtuhan seksual kita)

      atau

      tidak boleh sama sekali krn itu adl dosa

      Yg saya mau tanyakan adl :
      Apakah jika kita melakukan masturbasi tanpa mangingini wanita lain, utk kebtuhan seksual,
      kita tetap diselamatkan oleh Yesus,
      tetap dikasihi oleh-Nya, dan tetap bs dekat pada-Nya?

  18. putu Says:

    yg saya tau masturbasi timbul dr pikiran kita yg kotor trus ingin memuaskan apa yg ada dlm pikiran kita,dan dlm masturbasi qt make objek baek brupa ce/co yg qt anggap ideal,nah dsni ajah qt udah dosa kata firman Tuhan bzinah dgn pikiran.masturbasi/onani itu,kan make alat(tangan or “v-tor)yg danggap sbg “barang” dr objek ,sex dciptain ma Tuhan adalah baik kan tp pada wkt yg tepat,tempat yg tepat n dgn org yg tepat.kl qt susah ngilangin kbiasaan onani itu krn qt tlalu syg utk ninggalin dosa yg qt anggp”menyenangkan” tp rasul Paulus blg dl Filipi 1:21 Krn bgku hdp adalah Kristus..n rasul Paulus jg mengakui qt sbg manusia punya duri dalam daging yg = kelemahan qt,bukan berarti qt hrus mentolerir hal tsb..,mengikut Yesus qt hrs mikul salib,n salibNya itu kan enak n ringan.Sbg anak Tuhan qt bs nglakuin apa ajah krn Dia yg memampukan qt,jd klo msh blm bs brenti masturbasi/onani itu sbg motivasi lbh dkt lg ma Bapa,tiap pkran untk “gituan” lg dtg cpt2 bdoa minta Tuhan patahin pikiran jahat n kotor..n jgn jg mencobai diri qt kl msh susah untuk berhenti masturbasi.jgn mnciptakan suasana2 yg bs ngdukung qt utk nglakuin msturbasi,spt bo2 ga pk baju,or ngbaca ato ngliat hal2 yg bisa mancing…telfon2an ma pacar malam hari pun juga bisa bikin kita jatoh kLo suasanax mendukung n qt lg “lemah” n spt yg qt udah tau iblis dng hi-techx jg dah nyiptain sex by phone yg jg bikin generasi2 muda saat ini jatoh..so,bentengi diri dgn firman Tuhan n lakuin biar hdp qt spt dlm Maz 1…berbuah2 ddlm Dia n dpake Tuhan dgn luar biasa untk menjangkau jiwa2 yg nunggu qt utk sama2 masuk kerajaanNya…dgrin bisikan Roh Kudus..krn dlm hatimu km tau klo masturbasi itu dosa…JbUs….

  19. Yakub Says:

    Berpikiran kotor itu dosa.
    dan masturbasi pasti berfikiran kotor = berzinah dalam pikiran dan hayalan.

  20. Aprys Says:

    Temen2, gua nimbrung bareng ya, soalnya pas aku lagi buka internet, wah gua dapet diskusi, yang menurut gua, baik sekali untuk di bicarakan.

    Tetapi, gua minta maaf nih, solanya untuk hal yang sebegini penting, kita tidak mungkin membahas dengan sekilas pandang dan dengan tergesa-gesa mengambil kesimpulan.
    Jadinya, agak panjang nih.

    Hal-hal yang ingin saya bagikan juga bukan merupakan kesimpulan akhir tetapi sedikit pemahaman yang ada, yang hakikinya ada pada Alkitab.

    Saya tertarik untuk membahas ini karena gua pikir, hal sebegini penting perlu untuk dipahami oleh kita. Tetapi sayangnya dalam kebanyakan keadaan, gereja bahkan ortu tidak mengajarkannya dengan jelas sehingga banyak yang pada akhirnya memiliki pemahaman yang keliru.

    Hal pertama : tentang sex!
    Banyak orang takut bahkan merasa sangat bersalah kalau berpikiran tentang sex. Tetapi hal ini dapat dimaklumi karena kebanyakan kita tidak memiliki cukup pemahaman tentang hal ini berdasarkan Alkitab.
    Sex pada dasarnya adalah pemberian atau anugrah dari Tuhan yang terindah. Sex sedari awalnya diciptakan Tuhan agar dapat dinikmati oleh ciptaannya. Bahkan ketika Tuhan menciptakan manusia dan memerintahkan mereka untuk beranak cucu, IA sendiri mengatakan bahwa semuanya baik adanya.

    Tetapi kita juga harus tahu bahwa cara terbaik iblis untuk menjatuhkan anak-anak Tuhan adalah dengan menggunakan hal yang baik untuk memalingkan mereka dari Tuhan.
    Umpamanya berkat!
    Tidak ada yang salah dengan kekayaan tetapi jika hati kita kemudian begitu mencintai dan dikuasai oleh hal itu, maka itu menjadi kejahatan dimata Tuhan.

    Kembali ke topik.
    Rasul Paulus bahkan menggambarkan hubungan antara Tuhan dan umat-Nya layaknya hubungan suami istri.
    Mengapa?
    karena sex merupakan hubungan yang paling intim, dimana keduanya saling memberi dan menikmati hubungan yang ada.
    Setiap kita, umat Tuhan harus memiliki hubungan yang sedemikian dalam dengan Tuhan kita.
    Hal ini jangan diterjemahkan secara lateral. Ini merupakan bahasa perlambangan.

    Nah, mengapa Paulus dapat menggunakan perlambangan ini? Ia mengatakan bahwa kita adalah mempelai wanita dan Kristus adalah mempelai Prianya, bahkan Paulus mengatakan : aku telah mempertunangkan kamu dengan Kristus. Temen2 cukup mencari kata tunangan dalam konkordansi dan mengeceknya dalam Alkitab.
    Bagaimana paulus tahu? berarti iapun memikirkan dan membayangkan tentang sex. Tetapi jangan salah, ia memikirkannya dalam arti rohani.

    Oke, sekarang begini.
    Seumpamanya yaitu sex.
    Didalam kejadian, ketika Allah menciptakan Hawa, Ia membawa Hawa kepada Adam, kemudian memberkati mereka. Setelah itu baru IA memerintahkan mereka untuk beranak cucu.
    Tetapi sekarang banyak orang memakai alasan bahwa ini tidak ada penjelasan yang jelas dalam alkitab dan akhirnya ditipu oleh Iblis dan diperdaya oleh keinginannya sendiri, ia melakukan sex diluar pernikahan. Pernikahan bukan hanya ceremonial belaka tetapi ada berkat Tuhan didalamnya.

    Ini yang harus kita ingat : Untuk menjatuhkan dan menghancurkan kita, iblis tidak menggunakan hal-hal yang dengan nyata dapat kita pahami sebagai dosa, seperti perbuatan yang terang-terangan (spt : membunuh, memperkosa, dll), tetapi ia menggunakan hal-hal yang sedari mulanya baik karena demikianlah Allah menciptakannya, namun ia memutarbalikannya dengan mengubah sedikit bentuknya sehingga perbedaannya sedemikian halus sehingga banyak orang yang terjebak dan bertanya : apakah ini dosa?

    Mengenai mansturbasi?
    Beberapa teman, yang saya lihat telah memberikan pernyataan yang baik. Saya hanya ingin menambah sedikit.

    Banyak yang mengatakan bahwa mereka terdorong karena pikiran najis yang begitu kuat menguasai mereka. Tetapi kita harus dengan jujur menangani hal ini. Apa itu pikiran najis? Jika kita mengatakan bahwa berpikir tentang sex itu salah, maka kita berada pada jalur yang keliru. Berpikir tentang sex adalah wajar dan baik bahkan untuk mereka yang telah mencapai umur dewasa. Bahkan sangat wajar kalau mereka kemudian sering berpikir tentang hal itu. Sekali lagi : sex itu kudus. Jangan kita mengatakan najis apa yang Tuhan katakan kudus.

    Inilah kesalahanya pada kebanyakan kita. Karena berpikir bahwa memikirkan tentang sex itu dosa, dan bahwa dosa itu, entahkah kecil ataupun besar sama saja, akhirnya karena berada pada keadaan putus asa, melakukan hal yang lebih jauh.

    Memikirkan sex itu wajar. Mengapa saya katakan demikian? karena bagaimana seseorang itu dapat melakukan hubungan sex jika ia tidak memikirkan dan mengingininya. Sama seperti bagaimana seseorang itu mau makan jika rasa lapar tidak memberikan informasi kepada otak bahwa ia mau makan. Otomatis seseorang itu akan memikirkan tentang makanan.

    Tetapi jika pikiran kita kemudian begitu dikuasai dan menjadi liar, sehingga kita kemudian ingin melakukan persetubuhan dengan seseorang yang bukan suami atau istri kita, maka itu telah menjadi benih dosa. Saya tidak mengatakan dosa tetapi benih dosa. Tetapi kemudian dia akan membuahkan dosa dan pada akhirnya maut.

    Orang-orang yang salah mengerti kemudian melangkah lebih jauh dengan melakukan mansturbasi. Ini adalah tindakan untuk memuaskan diri sendiri, yang pada hakikinya adalah salah. Sex diciptakan untuk dinikmati bersama pasangan kita (sekali lagi dalam berkat Allah dalam pernikahan yang kudus).

    Mansturbasi merupakan expresi egoisme yang sangat halus, sedemiiian halusnya sehingga kita menjadi tidak menyadari hal itu sebagai suatu hal yang salah.
    Itu menjadi expresi cinta akan diri sendiri.

    Sebenarnya akar dari segala jenis kejahatan adalah cinta akan diri sendiri.
    Mengapa orang membunuh dan lain sebagainya? semuanya dikarenakan kepentingan dirinya sendiri. Mengapa mencuri? yang penting saya kenyang. semuanya expresi cinta akan diri sendiri.

    Makanya dalam 2 hukum utama Tuhan, ia di tempatkan pada posisi yang paling akhir.
    1. cintailah Tuhan dengan…………
    2. cintailah sesamamu manusia….kemudian kata diri sendiri pada bagian akhir.

    Mungkin sekian dulu. Senang bisa memiliki teman2 seperti kalian, yang menaruh minat pada hal-hal rohani.

    Tuhan memberkati

  21. jack Says:

    solusinya apa?

  22. madisha Says:

    Hallo mas Rusdy saya seorang muslim, ada blog yang saya baca yaitu http://expressuremotion.blogspot.com/2008/12/onani-benarkah-onani-yang-selama-ini.html
    Solusi dibawah ini diambil dari penulis yang link barusan saya kasih.. membantu untuk orang2 yang ingin menghindari masturbasi..

    solusi yang bisa diberikan penulis untuk menghindari masturbasi:
    1. Jangan sampai melamun sendirian di kamar terlalu lama, isi waktu luang dengan kegiatan positif seperti berolahraga atau hal lainnya
    2. Jangan terlalu lama di dalam kamar mandi karena saat kita telanjang, tidak jarang dari kita yang memikirkan hal kotor di kamar mandi
    3. Bagi yang sering melakukannya sebelum tidur dengan alasan supaya cepat lelah dan bisa tidur dengan pulas, bisa menggantinya dengan olah raga kecil sebelum tidur seperti push up, sit up, atau apapun yang menghabiskan energi, karena setelah itu biasanya langsung cepat tertidur, atau membaca kitab suci karena jarang orang yang setelah berbuat kebaikan, dalam jangka waktu singkat langsung berbuat maksiat
    4. Tekad bulat untuk tidak bermasturbasi, berdoa

    Maaf ya saya ikutan nimbrung, karena topik ini memang menarik.. baik bagi umatku dan umatmu.. saya senang ada pembahasan2 seperti ini, perbedaanlah yang membuatnya indah…

    meskipun, maaf, saya tidak tertarik membaca Alkitab lebih mendalam, tapi inti dari ajaran yang ada dan yang saya lihat dari penuturan serta apa yang sahih menurut anda, adalah senada..

  23. mukhlis Says:

    Alloh SWT tidak pernah menciptakan sesuatu tanpa ada manfaatnya……

  24. silvie Says:

    syalom…..
    saya baru saja bertobat dari suatu ‘kenikmatan masturbasi’…hal ini telah saya lakukan bahkan ketika saya kelas 6 SD hingga tahun lalu. ya kira2 10 tahun.jika ada saudara saudari yang kecanduan yang namanya masturbasi dan onanai yang saudara bilang tidak dapat sembuh, saya mau bagikan kalo hatimu memang benar-benat mengasihi Tuhan saudara pasti bisa. sangat sulit bagi saya untuk berhenti, terus saja gagal tidak bisa menahannya. tapi Allah kita memang luar biasa, saya dibukakan hal-hal luar biasa dengan kasihNYa. mungkin kalian mengalami hal seperti saya yang sangat merasa tidak layak untuk datang sama Tuhan kalo mengingat punya kebiasaan ini. saya cuma mau ngomong, kalo kalian melakukan sesuatu dan tidak ada perasaan damai sejahtera dalam hatimu, berarti itu datangnya bukan dari Tuhan. saya bersyukur sama Tuhan saya boleh dilepaskan dari kebiasaan masturbasi dan saya tahu masturbasi tidak sesuai dengan kehendak Tuhan karena setelah lepas saya merasakan perubahan,tidak merasa ada beban untuk dateng sama Tuhan.yuk bertobat yuk, especially buat anak-anak mudanya Tuhan, kita generasi penerus bangsa. berikan yang terbaik buat Tuhan melalui hidupmu.God bless u

  25. Teddy Says:

    waaaah thx bgt niiiih^^
    bwt smua yg uda ngasi nasehat….
    Gw baca coment2 n perdebatan ini, mata gw jd terbuka lagi bwt bertahan ga masturbasi….

    gara2 gw baca ayat yg gw pikir bsa toleransi masturbasi kayanya gw mulai buta ma hawa napsu gw yg mulai numpuk gw tahan…,
    n thx to Yesus, My Shepherd, gw akhirnya nyampe di thread ini…..
    Dan thanks for all, gw bsa nguatin lagi komitmen gw bwt stop masturbasi… Moga2 gw bsa sukses lepas dri pikiran ini AMIN^^

    JWU all^^

  26. Teddy Says:

    Amiiin… gw jga uda disembuhin dari lingkaran belenggu masturbasi, gw juga ngalamin bolak2 ampe ngga keitung.
    Tapi gw uda disembuhin… Gara2 gw terpanggil jadi pengerja tetapi dilain sisi gw ngga hidup kudus. Tapi begitu gw komit jd pengerja n usaha bwt ngga balik ke dosa lama gw,…
    Emang Tuhan jadi nyata bwt gw… tiba2 gw dkasi sakit gigi sampe akhirnya gw boro2 bisa mikir bokep.
    Disaat itu gw delete n buang smua film n gbr bokep gw yg byk ajaaa… dan lucunya sakit gigi gw cuman kumat waktu sepi n pikiran gw mulai muter ke mana2 hahahaha^^ Gw baru ngerasa emang klo kita doa n berniat komitmen… Tuhan sendiri yg akan menguduskan kita n membuka jalan bagi kita kembali pada Nya.

    Gw skarang ngerasa bedaaa bgt. Sesungguhnya dengan kita masturbasi kita jdi tidak bisa menjadikan Tuhan sebagai nomer 1 dihidup kita.

    Dimana saat kita doa, ehh… tiba2 sange…. uda deh doanya dicepet2in (pikiran kita menomor 1 kan nafsu birahi)… ato pas sepi n nganggur mala mikir mending donlod bokep, dari pada baca alkitab yg ngebosenin.
    Nonton bokep sehari diulang berkali2 kaya minum obat sampe berjam2… Tapi doa cuman pas malem (itu jga klo ga ngantuk)n baca alkitab yaaaah klo niat(sukur2 seminggu sekali) hahahaha^^

    Soal itu dosa ato ngga sebenernya yg bisa jawab cuman hati nurani doang. Karena manusia dibuat tlalu pintar dengan otaknya yg bisa membenarkan segala perkara. Klo adu ayat n argumentasi… sampe Tuhan dateng jga ngga kelar….

    Di otak, coli emang rasanya nikmat…
    tapi coba…. klo tiba2 bsok kiamat n
    lo ngehadepin tahta pengadilan Allah….
    apa pembelaan lo, ketika kebiasaan harian lo diputer di depan Tuhan n Malaikat2 ??????
    Klo gw siiih pasti langsung Mati Kutu.

    Maka jika matamu yang kanan menyesatkan engkau, cungkillah dan buanglah itu, karena lebih baik bagimu jika satu dari anggota tubuhmu binasa, dari pada tubuhmu dengan utuh dicampakkan ke dalam neraka.(matius 5:29)

    Gw dikasi tau sama pendeta dikatakan semua dosa kita lakukan di luar tubuh, tetapi masturbasi adalah dosa yang kita lakukan di dalam tubuh.

    Btw kita uda hidup di akhir jaman lho… smua tanda2 nunjukin klo kedatanganNya tidak lama lagi… Bencana, Global warming, Chin 666(buatan MONDEX), bahkan gejala perang dunia ke-3 (Masjid Al-Aqsa direbut Israel)

    Ni gw bagi salah 1 link bwt yg mo denger ksaksian soal neraka n Surga (ini yg bikin gw tobat)^^

    NERAKA
    http://spiritlessons.com/documents/7_Jovenes/Indonesian_7_Columbian_Youths_Hell_Pewahyuan_Di_Nerakal.htm

    SURGA
    http://spiritlessons.com/documents/7_Jovenes/Indonesian_7_Columbian_Youths_Heaven_Pewahyuan_Di_Surga.htm

    JBU^^

  27. pauline Says:

    shalom semuanya, ak juga ad pergumulan soal ini nih..
    aku kan long distance sama pacar, jadi kita pacaran hanya lewat webcam, messenger,telfon dan chat.. yang aku bingung adalah, sudah hampir sbulan ini ak melakukan masturbasi tapi ak melakukannya kalo lagi chat sama pacarku. jadi yah dia yang ngasih fantasi2, cerita2, trus ak sendiri yang mainin alat vital..
    kalo udh slese ngelakuin itu ak jg merasa bersalah, i dont know, di satu sisi ak bingung ini salah ato gak, tpi disisi lain hal itu emang enak dan nikmat.

    yang jadi pertanyaan adalah, sbnernya masturbasi yang ak lakukan dosa ato tidak yah ? karna ak ngelakuin jg sama pasangan dan on cam..lagian kita ngelakuin juga karna emang saling sayang kan..
    trus gmna sama pasangan yang emang saling cinta, tapi udah ngelakuin hal itu, tapi mereka gabisa merit karena keterbatasan biaya? bukankah sex itu pun sharing loves untuk psgan masing2 ?

    thanks sblumnya
    GBU
    sya btuh pencerahan banget nih hehehe..

    • Teddy Says:

      kalo gw sendiri siiih…. gw terbiasa sendiri dikamar… n ada PC dengan koneksi internet di kamar gw. Semua fasilitas uda menunjang bgt.

      Emang gw tau judulnya keiket sama sex itu susaaaah bgt… amat…. sangat…. susaaaah lepasnya.

      Gw pun skarang uda kaya mujijat… gw tiba2 dpt sakit gigi yg klo gw mulai seliweran gamabar cewe di otak gw…. gigi gw langsung cenut! ampe gw ga bsa kepikiran soal bacol lagi.

      Soal itu salah ato ngga. menurut ayat yg gw baca:

      “Berbicaralah kepada orang Israel dan katakan kepada mereka: Apabila aurat seorang laki-laki mengeluarkan lelehan, maka najislah ia karena lelehannya itu. Beginilah kenajisannya berhubung dengan lelehannya itu: bila auratnya membiarkan lelehan itu mengalir, atau bila auratnya menahannya, sehingga tidak mengeluarkan lelehan, maka itulah kenajisannya. Setiap tempat tidur, yang ditiduri orang yang mengeluarkan lelehan itu menjadi najis, dan setiap barang yang didudukinya menjadi najis juga. (Imamat 15:2-4)

      Kamu telah mendengar firman: Jangan berzinah.
      Tetapi Aku berkata kepadamu: Setiap orang yang memandang perempuan serta menginginkannya, sudah berzinah dengan dia di dalam hatinya.
      Maka jika matamu yang kanan menyesatkan engkau, cungkillah dan buanglah itu, karena lebih baik bagimu jika satu dari anggota tubuhmu binasa, dari pada tubuhmu dengan utuh dicampakkan ke dalam neraka.
      Dan jika tanganmu yang kanan menyesatkan engkau, penggallah dan buanglah itu, karena lebih baik bagimu jika satu dari anggota tubuhmu binasa dari pada tubuhmu dengan utuh masuk neraka (Matius 5:27-30)

      Dari situ secara simple aja… gw tangkep klo kita coli sampe “ngecrit”, ato mikirin soal lagi ngesex aja… itupun sudah zinah.

      Gw pernah baca di ayat mana gtu gw lupa…
      Di bilang klo tubuh kita, manusia. Adalah bait Roh Allah, jadi kita harus menjaga kekudusan kita. Sebab kenapa Yesus suka anak kecil?? Sebab anak kecil itu masih polos, mereka tidak punya niat tersembunyi, mereka apa adanya, dan pikiran mereka tidak dicemari dengan banyak prasangka ketidak percayaan dan pikiran mesum.

      Coba kita??
      Makin tua makin jadi (tua tua keladi)
      makin kita terikat dengan semua kenikmatan yg dunia tawarkan. Semakin otak kita berusaha untuk membenarkan segala kesalahan yg kita lakukan.

      Sebenernya Tuhan sudah berbicara, di dalam hati nurani manusia, setiap kita berbuat tidak baik kita pasti merasa tidak enak. Itulah hati nurani dimana firman Tuhan dan perjanjiannya dengan manusia ditorehkan Tuhan. Tetapi otak daging kita memang lemah… berkali2 kita berusaha lepas tapi terjatuh lagi.

      Tapi, klo lo emang dari hati lo pengan lepas.
      Berdoalah, sebab ikatan ini cuma bisa dilepas dalam kuasa Tuhan, Beri Tuhan kuasa dan katakanlah

      ” Tuhan lepaskanlah aku dari belenggu kejijikan ini… kemesuman ini Ya Tuhan!! Dalam Nama Yesus yang mengatasi segala nama! Hai roh onani! roh masturbasi! roh zinah! Pergilah!! Yesus sudah menebus hidupku dari maut! Hai iblis kau sudah tidak berkuasa lagi atasku, dalam nama YESUS! biarlah semua tipudaya dan roh kejijikan ini dilepaskan daripada ku!! Yesus pemilik jiwaku biarlah Engkau berdiam dalam hatiku dan menjagaku dari ikatan2 duni. Dalam nama YESUS aku berdoa dan mengucap syukur,amin.

      Asal lo percaya, mau dan niat!! berdoa, mintalah sama Tuhan dan serahkan seluruh beban dan kesusahan lo pada NYA, dan Ia akan bekerja dengan cara ajaib yang lo ngga bakal sangka2.

      Jesus Bless You^^

  28. Kurniawan Says:

    Shallom..
    Saya ada pergumulan berat…
    Dulu saya pernah punya pacar. Kami saling menyayangi dengan baik. Namun hubungan itu berakhir kurang lebih 2 bulan yang lalu.Dia seiman dan sama-sama bertumbuh iman kami berdua dengan baik. Pada awalnya hubungan kami baik-baik saja. Kami saling jaga diri dan kekudusan untuk tidak terjerat hubungan seks di luar nikah, karena kami sama2 komitmen untuk mempertahankan hubungan pacaran yang kudus hingga menikah. Dan hal ini lebih sering ditekankan oleh pacar saya untuk jaga kekudusan.

    Mantan pacar saya memiliki masa lalu yang kelam. Semasa kecil pacar saya pernah mengalami 2 kali pelecehan seksual. Itu dialaminya saat TK dan SD. Tapi yang agak parah waktu TK. Beruntung pelecehannya tingkat ringan. Laki-laki dewasa yang melakukannya hanya sebatas memegang kemaluannya. Dan pacar saya melarikan diri. Waktu SD terulang lagi, tapi oleh anak yang hampir seumur dengannya. Sejak peristiwa2 di masa kecil tersebut pengetahuan pacar saya terbuka akan hal-hal peristiwa penyimpangan seks. Masa lalu kelamnya yang lain dia pernah berpacaran 3 tahun dengan cowok yang tidak seiman. Selama berpacaran, cowok ini membawa pacar saya ke dalam hubungan yang tidak sehat. Si cowok sering mengarahkan kegiatan pacaran berakhir dengan french kissing. Suatu kali pernah si cowok meraba bagian vital pacar saya. Dan itu berakhir dengan keributan besar akhirnya mereka berpisah. Selain juga karena pacar saya merasa sangat berdosa dan ingin bertobat dari dosa pacaran tidak seiman dan hubungan yang sangat tidak sehat. Masa lalunya kelamnya yang lain juga tidak itu saja. Dia berlatar broken home. Dia juga mengetahui banyak masalah perselingkuhan di kerabat2 jauhnya. Ternyata, itu jadi pemicu membawanya masuk dalam dosa baru, dosa masturbasi. Tidak sering dia lakukan. Baginya, masalah2 menyimpang tersebut bagaikan neraka yang selalu datang bagi sekeliling hidupnya. Karena sepilu itu kisah hidupnya, dia bertegas ingin merubah hidupnya. Saya merasa sangat kasihan dan sedih mendengar itu semua. Justru tidak membuat saya kecewa, tapi saya semakin setia padanya dan harus mendukungnya untuk menguatkan dia kembali.

    Masa lalu saya pun juga kelam. Sejak tahu ada gambar agak seronok di tabloid milik ortu saya, sejak umur 11 tahun itu saya terikat dosa masturbasi dan mengoleksi film biru hingga sebelum jadi petobat baru di umur 21. Namun gaya pacaran saya waktu itu anehnya saya sangat tabu untuk menjurus ke pacaran tidak sehat. Bahkan paling jauh saya hanya berpegangan tangan, jadi tidak sama sekali ada acara cium2an. Pandangan saya waktu itu lebih baik onani membayangkan pacar saya daripada kejadian nyata yang jelas bahaya. Setelah jadi petobat baru, lama-lama bisa hilang kebiasaan buruk itu. Pacar saya dan saya sama-sama dengan detail tahu masa lalu kami masing-masing dan percaya bisa lepas dari masalah itu.

    Kami komitmen untuk jaga kudus.Tetapi ternyata kami tidak bisa mempertahankannya. Awalnya jika saya bertemu dengannya, lama-kelamaan akhirnya ciuman saya di keningnya. Kapan lagi berlanjut ke tangan. Dalam jangka lama kami cukup bertahan hingga itu-itu saja. Tapi suatu kali pacar saya mencium pipi, akhirnya sayapun membalasnya. Jadilah hubungan kami agak sering cium pipi. Dari situ runtuhlah komitmen kami.

    Suatu kali pacar saya pernah mengunjungi kos saya menonton film kartun (menurut kami film itu aman, tidak berbau cinta sama sekali). Namun ternyata itu mulai terjadi hal parah. Kami menontonnya dengan posisi memeluk dia. Entah karena apa, kami tiba-tiba french kissing. Hari berikutnya kami nonton kartun lagi, dan yang kali ini lebih parah. Kami lama melakukan french kissing itu setiap beberapa menit. Kamipun akhirnya saling meraba bagian sensitif tubuh kami. Makin parah, kamipun memutuskan saling mengonani diri kami hingga keduanya mengeluarkan cairan. Keputusan agak konyol itu kami buat karena kami sudah tidak tahan untuk langsung berhubungan seksual. Daripada terjadi hubungan suami istri itu, lebih baik kami cepat2 untuk menyelesaikan nafsu kami dengan saling onani saja…

    Dosa kecil bertambah menjadi dosa besar. Itulah yang terjadi dengan kami. Sejak itu kami merasa terkejar dosa. Tapi dampak lain, kami kembali ke dosa lama yaitu masturbasi. Komitmen kami rusak. Peristiwa itu selalu terngiang di benak kami. Dan membuat kami jatuh lagi onani untuk memuaskannya. Tapi kami melakukannya sendiri-sendiri terpisah. Itu kami ketahui setelah saling mangakui kalau sejak kejadian itu kami masing2 kadang teringat lagi. Pacar saya kadang onani, saya malah lebih parah. Jadi lebih sering onani.

    Terbayang ada keinginan kuat melakukan hubungan seks dengan pacar saya secara nyata. Tapi akhirnya saya akhiri dengan onani membayangkan dia. Karena keadaan tak bertambah baik bagi kami dan takut dosa makin besar, kamipun memutuskan untuk bertobat dan untuk menghentikan dosa ini bagi kami tak ada cara lain selain berhenti onani dan berpisah tak ada hubungan lagi untuk menghilangkan memori ini. Mungkin kalau Tuhan berkenan masih mengampuni kami, kami ada harapan kecil untuk bisa bersatu lagi dengan kondisi nanti yang sudah benar2 baik di mata Tuhan.

    Maaf cerita saya panjang sekali. Tapi saya ingin menunjukkan bahwa onani akan berkaitan erat dengan gaya pacaran kita secara tidak sadar. Dosa masturbasi akan membentuk hasil akhir gaya pacaran kita. Kalau tidak berakhir di kehamilan, ya akan berakhir dengan putus tragis. Padahal berpisah dengan orang yang kita cintai sangat kita takutkan bukan. Dan utamanya dosa masturbasi jahat di mata Tuhan.Kebiasaan onani tidak akan menyelesaikan nafsu kita. Justru akan menyeret kita berbuat lebih jauh lagi. Mungkin ini bisa jadi masukan bagi saudari kita Pauline.

    Jujur hingga sekarangpun saya mati-matian berjuang untuk lepas dari dosa masturbasi ini lagi. Kadang bobol, nafsu saya menumpuk hebat dan onani lagi. Kadang dengan terbayang detail peristiwa kami dulu. Padahal setelah itu saya merasa jijik, tapi muncul lagi..
    Saya saat ini sangat butuh penguatan dan pencerahan dari teman-teman sekalian…..makasih banget…GBU

  29. Teddy Says:

    @Kurniawan:

    Wow saya salut dengan komitmenmu dan pengertian tentang zinah itu, memang benar sekali dosa perzinahan itu merupakan tipu daya iblis yang paling hebat, banyak orang yang mengira mentang2 Tuhan menciptakan alat kelamin jadi sah2 saja untuk berzinah, Padahal itu jelas salah.

    Tuhan jelas2 mengatakan dengan memikirkan saja kita sudah berzinah di dalam pikiran kita dan Tuhan benci perzinahan.
    Tetapi segala media, TV, internet yang merupakan alat dunia… makin lama membuat paradigma kita berubah yang membuat itu semua jadi wajar. Coba saja lihat, Acara TV jaman dulu sama sekarang iklannya lebih menggoda sekarang kan! Bahkan anak2 TK sudah bisa memerkosa…. Sungguh dahyat tipudaya iblis di dunia ini.

    ROMA 12:2 Janganlah kamu menjadi serupa dengan dunia ini, tetapi berubahlah oleh pembaharuan budimu, sehingga kamu dapat membedakan manakah kehendak Allah: apa yang baik, yang berkenan kepada Allah dan yang sempurna.

    Kita harus punya hikmat Ilahi, bukan hikmat duniawi, dan mengarti apa yang Allah inginkan.

    Saya tidak tahu apakah ini benar atau tidak, tapi saya merasa bahwa Hari Tuhan sudah dekat, dengan banyaknya tanda2 yang diberikan oleh Tuhan kita.

    Dia seperti tak hentinya memberikan peringatan pada kita akan kedatanganNya, sebab saya sungguh yakin dan percaya, Tuhan sungguh mencintai kita, Ia yang turun dari tahtaNya hanya untuk ditelanjangi, diludahi, dicerca, disiksa dan mati dipaku di salib dengan paku yang besar.

    Hanya cinta yang besar yang memampukan orang untuk berkorban sebesar itu.
    Itu semua ia terima agar kita yang hidup sekarang ini, dapat Ia tarik ke tahtaNya.

    Saya yakin ketika kamu menulis ini, bukan karena kebetulan dan tidak mempermalukan dirimu sendiri. Tapi Roh Kudus yang menggerakkan untuk kita mempermalukan pekerjaan iblis yang tertangkap basah dengan segala tipu dayanya.

    Mungkin cara paling mudah dan paling saya rasakan sendiri efektif, dengan tidak hanya menjadi jemaat di gereja,
    tetapi cobalah aktif untuk menjadi pengerja bagi gereja tempatmu ibadah. Dengan berada di lingkungan yang akrab dengan Tuhan saya yakin, kamupun akan ikut bertumbuh dan tertular akrab dengan Tuhan.

    saya lupa di ayat berapa: ada tertulis, bukan kita yang memilih Allah tetapi Allahlah yang memilih kita.

    Sebab dengan darahNya ia memandang kita berharga dan mempercayakan segala pekerjaanNya bagi kita.

    Kurniawan, Kamu anakNya yang berkenan dihadapanNya, Ia mencintaimu. Dan Ia saat ini menurunkan Roh Kudus untuk memberikan hikmat bagimu. dan Tak henti Ia mengirim malaikat untuk menjagamu. Dan ketahuilah tak pernah sekali2 pun Ia berpaling daripadamu.

    Terus terang saya pertama kali mendapat panggilan untuk jadi pengerjapun karena dosa masturbasi, keluarga sayapun broken home, dan memang kutukan darah keluarga saya banyak terjadi perselingkuhan.

    Sebab ditulis di hukum Taurat: Allahmu, adalah Allah yang cemburu, yang membalaskan kesalahan bapa kepada anak-anaknya, kepada keturunan yang ketiga dan keempat dari orang-orang yang membenci Aku,
    tetapi Aku menunjukkan kasih setia kepada beribu-ribu orang, yaitu mereka yang mengasihi Aku dan yang berpegang pada perintah-perintah-Ku.

    Tapi sekarang ini entah bayak sekali pemulihan dikeluarga saya, ibu saya mulai melunak dan mau ke gereja bahkan disembuhkan dari tumornya. Dan perekonomian keluarga sayapun sangat diberkati oleh Tuhan.

    Matius 6:33 Tetapi carilah dahulu Kerajaan Allah dan kebenarannya, maka semuanya itu akan ditambahkan kepadamu.

    Tuhan telah menggenapi janjiNya di hidup saya.
    Bukan berarti dengan begitu hidup kita akan lancar2 saja…

    Roma 12:12 Bersukacitalah dalam pengharapan, sabarlah dalam kesesakan, dan bertekunlah dalam doa!

    Tuhan memang mengatakan, selama kita hidup di dunia, akan banyak cobaan dan kesesakan, tetapi ketika kita jatuh janganlah meninggalkan Dia yang mencintai kita. Karena Dia akan terus menjaga dan memperhatikan kita walau kita sadar maupun tak sadar.

    Semoga masukan saya berguna dan maaf bila menyinggung. YBU.

    • eva Says:

      saya juga seperti itu. dan setelah saya fikir2, mungkin mantan saya itu hanya ingin tubuh saya saja. tanpa disadari, bahkan saya orang yang “jual mahal” pada laki2, dia mencium saya dan langsung terjadi french kiss. begitu menjijikan. saya marah pada dia, dan berkata bahwa saya tidak suka dia memperlakukan saya seperti itu karena hubungan kami sangat terlalu singkat. kami masih hari kedua jadian. mungkin saya masih tolol waktu itu tidak tahu apa maksud dia memacari saya. oke, dia seolah mengerti. tetapi tidak kenyataannya.
      ternyata terjadi lagi. dan saya menahan lagi agar tidak terjadi french kiss. hanya ciuman ringan saja. tetapi saat itu kami menikmatinya. mungkin tuhan begitu mengasihi saya, pada akhirnya mantan saya itu memutuskan saya dengan cari2 alasan yang tidak masuk akal. mungkin jika hubungan ini terus dijalani, saya akan hamil. kami pernah melakukan hal yang lebih dari kissing.

      dari kejadian itu, mata saya terbuka tentang pengetahuan sex secara prakteknya. maksudnya, saya mulai mengerti apa itu foreplay, petting, dsb yang dimana saya hanya mendengar dari majalah dsb. saya dibesarkan oleh orang tua yang tidak menganggap tabu tentang sex.

      rasa benci yang amat besar pada mantan saya dari hari ke hari. penyesalan. jijik. dsb.
      tetapi ada saatnya saya ingin melakukan hal itu lagi.

      sebenarnya saya pernah masturbasi sejak kecil karena lingkungan yang tidak kondusif untuk membesarkan anak. broken home. saya sejak batita sering melihat orang2 pecandu narkoba dsb. maka dari kecil pun saya sudah sedikit memahami bagaimana sex itu walaupun secara garis besar saja.

      singkatnya, akhir2 ini saya “seolah” merindukan mantan saya. dan tiap hari birahi saya semakin meningkat. entah kenapa. padahal, saat saya melakukannya dengan mantan saya itu, tidak terangsang apapun juga. saya tidak mengerti apa maksud mantan saya mulai meraba bokong saya, dan mencium leher saya. saya sangat bodoh.

      apa yang saya harus lakukan? ada saatnya saya melakukan masturbasi berkali2, ada saatnya jg saya tidak terpkir tentang hal itu.
      jika keinginan saya tidak tersalurkan, saya tidak bisa berkonsenterasi selama seharian. aneh. ada apa dengan diri saya ini??
      masalahnya saya wanita, dan mungkin sangat aneh bila ini terjadi.

      saya mencari di website tentang bahaya masturbasi. dan mereka bilang itu sah2 saja, dan tidak mengganggu kesehatan. tapi tetap bingung.
      saya akhirnya membaca artikel ini, tetapi tetap bingung. seperti yang di atas bilang, ” * Jika seseorang melakukannya karena nafsu birahi yang dibangkitkan dari orang lain yang bukan istri (atau suaminya), melalui gambar-gambar maupun hanya imajinasi, menurut Matius 5:28, ini merupakan perbuatan dosa
      * Jika seseorang melakukannya dengan tujuan mengontrol hawa nafsu, baik sebagai seorang bujang (atau perawan), ataupun karena si suami atau si istri yang sedang berpergian dalam jangka waktu yang lama, ini menjadi masalah ‘kebebasan orang percaya’ (Roma 14, 1 Korintus 10:23-33)”

      satu sisi mengatakan kalau itu tidak apa2 bagi yang lajang, tetapi jadi salah jika menaikan nafsu.

      bagaimana menghilangkan pikiran2 ini? banyak yang bilang itu karena hormon remaja saja. saya rasa setiap orang pasti pernah memikirkan sex. mau pria maupun wanita. apa ini jadi salah? BINGUNG! T.T
      thx..

  30. 7VE Says:

    Saya sudah membaca semua diskusi ttg masturbasi ini, ad sedikit debat,

    Apakah kita boleh melakukan itu jika tanpa mengingini wanita lain?
    (utk kebtuhan seksual kita)

    atau

    tidak boleh sama sekali krn itu adl dosa

    Yg saya mau tanyakan adl :
    Apakah jika kita melakukan masturbasi tanpa mangingini wanita lain, utk kebtuhan seksual,
    kita tetap diselamatkan oleh Yesus,
    tetap dikasihi oleh-Nya, dan tetap bs dekat pada-Nya?

  31. Teddy Says:

    @eva &7VE

    Sebelumnya maaf lho, saya ngga mau menggurui, tapi cuman share pengelaman saya saja. Karena sayapun tidak sempurna dan sayapun sama berdosanya dengan yg lain.

    saya coba bahas ayat (Roma 14, 1 Korintus 10:23-33)
    coba deh eva baca…. itu adalah kebebasan untuk soal makan atau hal2 yg berhubungan dengan adat istiadat, tapi entah kenapa interpretasinya jadi kearah melegalkan masturbasi… saya pun bingung, kenapa bisa ada yg interpretasi ayatnya begitu.

    Saya cuman mau share pandangan saya, dan apa yg saya dapat bukan mau debat ayat. Musa telah memberi hukum taurat soal perzinahan, dan Yesus sendiri berkata kalau menginginkan saja itu sudah bentuk zinah, dan itu tandanya Ia tidak menyukai itu.

    Mat 5:17-20
    “Janganlah kamu menyangka, bahwa Aku datang untuk meniadakan hukum Taurat atau kitab para nabi. Aku datang bukan untuk meniadakannya, melainkan untuk menggenapinya.
    Karena Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya selama belum lenyap langit dan bumi ini, satu iota atau satu titikpun tidak akan ditiadakan dari hukum Taurat, sebelum semuanya terjadi.
    Karena itu siapa yang meniadakan salah satu perintah hukum Taurat sekalipun yang paling kecil, dan mengajarkannya demikian kepada orang lain, ia akan menduduki tempat yang paling rendah di dalam Kerajaan Sorga; tetapi siapa yang melakukan dan mengajarkan segala perintah-perintah hukum Taurat, ia akan menduduki tempat yang tinggi di dalam Kerajaan Sorga.
    Maka Aku berkata kepadamu: Jika hidup keagamaanmu tidak lebih benar dari pada hidup keagamaan ahli-ahli Taurat dan orang-orang Farisi, sesungguhnya kamu tidak akan masuk ke dalam Kerajaan Sorga.

    Kira2 itu ayat, yg saya pegang bahwa justru bila kita mau hidup dalam terang maka hukum taurat itu harus kita laksanakan & terutama hukum kasih.
    Dan zinah (masturbasi) pun termasuk hal yg dilarang.

    Karena dalam perjanjian lama Imamat 15:25-33
    mengatakan soal lelehan (air mani/sperma)itu menajiskan kita, alias kita jadi tidak layak di hadapan Tuhan yg kudus.

    untuk ayat saja, secara gamblang dan simple sudah menjelaskan tentang masturbasi itu menajiskan kita dan melawan hukum taurat dan perkataan Yesus.

    Mat 16:24. Lalu Yesus berkata kepada murid-murid-Nya: “Setiap orang yang mau mengikut Aku, ia harus menyangkal dirinya (menahan segala kedagingan, harga diri, ambisi dan pastinya juga birahinya), memikul salibnya (melakukan apa yg telah dipercayakan Allah dalam hidup kita)dan mengikut Aku (hidup dengan melihat Yesus sebagai teladan).

    Memang sulit sekali lepas dari ikatan seksual, sangaaaaaat amaaaaaat susaaaaaaaah…………..
    Tapi inged lho, Jangan sampai dari masturbasi, merembet tamba parah, dan kamu bru menyesal saat semuanya sudah terjadi. Apalagi kamu kan wanita.

    Saya juga ada temen sepelayanan,(perempuan) dia jga ngalamin hal yg sama gara2 pas kecil dia melihat ortunya melakukan sex, dia jadi tau dan suka menggesek2 alat kelaminnya sendiri ke tembok ato barang2 lain.

    Ya, Tuhan memang menciptakan sex dan memberikan rasa pleasure ke pasangan suami istri, Tapi ikutlah waktunya Tuham. karena segala sesuatu indah pada waktunya.

    Pengalaman saya sendiri, saya sebel2 bener2 sama saya sendiri yg suka masturbasi dan susah bgt lepas, tapi suatu malam saya diberikan curahan roh, saya mengerti apa kata Yohanes pembaptis,bahwa dia yg sekaliber nabi besar aja tidak layak membuka tali kasut Yesus. Apalagi saya…. saat itu saya bener2 marah sejadi2nya pada saya dan kedagingan saya, bahkan saya berdia sambil sujud memukul2 muka saya dan menjedotkan kepala saya sendiri karena saya sedih sekali. mengetahui betapa najis dan hinanya saya di hadapan Tuhan.

    Tapi Puji Tuhan, Api curahan penyesalan itu menguatkan saya untuk bertahan melawan segala kedagingan saya.
    Ditambah juga saya takut sekali dengan kesaksian neraka dan banyak nubuatan pendeta besar melihat tanda2 zaman yg mengatakan Hari Tuhan tidak akan lama lagi, “BERJAGA2LAH AGAR KAMU DIDAPAT TETAP SETIA”

    untuk tetap hidup dalam Api Tuhan, cara termudah kamu harus hidup dekat sumber Api itu sendiri (Yesus).
    Kamu bisa ikut pelayanan, ikut komunitas sel dan saling menguatkan dan ingat selalu untuk berdoa, dan baca alkitab.
    Sebisa mungkin setiap hari bernyanyi memuji menyembah Tuhan, bsa pake bantuan Mp3 gtu.

    Itu saya lakukan dan benar2 menguatkan dan saya benar2 merasakan curahan roh saat berdoa, dan bahkan keluarga saya diubahkan dan ibu saya mendapat mujizat kesembuhan.

    Cari Tuhan setiap saat, dan ingatlah Yesus telah menebus dan membayar lunas dosa kita dan tubuh kita adalah milikNya (bukan lagi milik kita).

    Karena itu kita harus hidup dalam Dia, tumbuh dan berbuah berlimpah2,
    karena pohon yang tak berbuah akan ditebang dan dibuang kedalam api yang kekal, dimana ada ratapan dan kertak gigi.

    Amin, Semoga dapat memberkati.
    Yesus Memberkati dan Ia selalu besertamu, Karena kamu selalu ada di dalam PikiranNya dan di dalam HatiNya.

  32. erwin Says:

    untuk menghindari masturbasi mending kita menikah aja.tapi baru2 ini ada penelitian di bahas di kompas bhwa pria/wanita yg sudah merid pun masih melakukannya.saya belon menikah jadi ga bisa ngerti alasan mereka melakukannya.tapi satu hal yg pengen aku bagiin,masturbasi bagi cowok merupakan sandungan dalam hidup kudus.dosa atau tidak tanyakan pada hati nurani sendiri,yg penting jangan masalah tsb kita mundur dari Tuhan.

  33. Christine Says:

    Sy ingin btnya.tmn sy mglmi klainan shg tingkat hormon testosteronny berlebih dan (maaf) alat klaminny sering kali tegang dan dia mrasakan skt.sering smp dy kdang mnangis.walaupun dy mncb mgluarkan sperma spt yg dsarankan dktr,ttp saja tdk brhsl dgn cr onani.kalau sudah spt it apkh dy mlakukan onani it dosa?dn ad yg tau bgmana cr mgtasiny,krn dktr mnyrnkn agr mlht film2 porno smbl br onani shg mndpt rangsangan.ttp dy tdk mw.adkah yg pny solusiny?
    Trims.
    Chi

  34. Teddy Says:

    @Christine

    saya tidak punya solusi untuk menyembuhkan ato masalah seksual…
    tapi jika boleh saran, saya cuman punya 1 saran yg sudah saya coba & uji sendiri.

    Berdoalah!!
    berserulah memohon pertolonganNya.
    Sebab Tuhan Yesus itu hidup, & kuasaNya tetap sama sejak dahulu Ia membawa Abraham dalam kelimpahan, saat Ia memukul Mesir & sampai sekarang di saat kita hidup.

    Kuasa doa terlalu hebat, sangat hebat malahan.
    saya sudah banyak sekali melihat kuasa kesembuhan dari doa,….

    ibu saya sendiri disembuhkan dari miom (tumor kecil) di rahimnya, tanpa operasi… & ia sudah menderita selama kurang lebih 5 tahun. Namun saat saya mulai percaya kuasa doa…. saat itu miom itu dan smua sakit penyakit yg menjadi komplikasinya hilang. (dan sudah di cek dgn rontgen & hilang tanpa bekas)

    Kuasa penyembuhan Tuhan Yesus itu masih ada & masih sama dari dulu. Dan Ia masih hidup & kekal.
    Yang Ia tunggu,adalah saat kita berseru2, berdoa dgn air mata & sungguh2 mencari diriNya.

    Maka: pegang kata saya,….. IA tidak pernah mengecewakan mereka yg berharap padaNYA.

    doakan temanmu, ajar dia jg berdoa & jangan malu untuk minta didoakan oleh pendeta atau pastor.
    Percayalah pada kuasa Tuhan Yesus, Allah Yang Hidup.

    Smoga bisa membantu.
    Jesus Bless u ^^

  35. Christine Says:

    Wah,itu yg susah.sy jg sdah menyarankan spaya terus berdoa.sy bilang. G ad yg Mustahil bwt Dia,Mukjizat ms berlangsung.
    Tapi dy msi melakukan onani tsb.dy bilang kalau bdoa it perlu,tp jg perlu usaha dr qt sndr.
    Sy lgs mati kutu nih.>_<.
    Sy tdk mw shbat sy ini trjerumus spt it.aplg kdang dy mminta pcrny untuk mengonani dy agr spermany keluar. Yang lebih parah dy dan pcrny terkadang saling mengonani 1 sm lain. Sy sdh khilangan akal. Tp sy tdk mw mrk trus menerus spt ini.krn pbuatan ini sy anggap slah. Tetapi dy beranggapan kalau perbuatan it tdk salah. Dy beranggapan kalau dosa it tergantung dr pndangan masing2.kalau melihat dr si2 negatifnya maka itu adl dosa.akn tetapi dy brkata kalau dy melihat dr si2 positifnya spt kalau onani dn masturbasi it membuat pria mengurangi resiko kanker prostat dn untuk wanita membuat rasa tdk nyeri waktu haid.
    Wah,sy bnar2 tdk tau ap yg mw sy ktkan lg.tp sy tau itu slh.
    Mohon pencerahannya,nih, .krn shbat sy it memang keras kpla dn sulitny minta ampun kalau d beri tahu.hehe
    Gbu all. . :)

  36. bondpeace Says:

    hi all,

    gua dapet website ini karena gua mau tau apakah martubasi itu dosa ato ngak..
    gua mau tau karena sebagai seorang laki yang sudah menikah dan sekarang sedang LDR, dalam waktu tertentu gua selalu terbayang2 tubuh istri gua..dan terbayang2 itu bukanlah timbul dari sesuatu yang gua sengaja tapi itu terjadi begitu saja, mungkin karena gua sudah sering melakukan hubungan dengan istri gua jadi ketika dah lama gak berhubungan rasa ingin berhubungan bergitu kuat..tapi karena LDR gua gak bisa menyalurkan hasrat gua ini..
    Tapi setelah membaca komentar2 disini gua blom menemukan sesuatu yang bikin gua yakin kalo masturbarsi (untuk laki2 atau perempuan yang sudah menikah dengan membayangkan tubuh istri/suami) itu bener ato mastubarsi itu salah. Namun gua secara tegas bilang bahwa mastubarsi yang dilakukan oleh yang blom menikah dan yang memikirkan objek wanita lain itu salah karena itu berarti menginginkan wanita lain.

    Tapi gua bilang begini.Gua senang dengan apa yang sudah dipaparkan oleh penulis beserta dengan komentar2nya yang dewasa untuk menjawab pertanyaan dari temen2 yang lain..karena hal itu membuat gua berpikir secara dewasa.
    Tapi gua kurang setuju dengan komentar2 temen2 yang gua anggal ‘dangkal’ (mohon maap). Gua anggap dangkal komentarnya hasil dari interpretasi yang dangkal tanpa mempelajari firman secara menyeluruh terlebih dahulu. Untuk beberapa hal gua setuju sama penulis, tapi ada beberapa komentar dangkal yang blom dibahas. nah gua mau komentarin tentang komentar dangkal tersebut

    1. bicara tentang imamat 15:2 disitu dikatakan “…apabila aurat seorang laki2 mengeluarkan lelehan, maka najislah ia karena lelehannya itu.”
    disitu gak dijelasin tentang bagaimana seorang laki2 bisa mengeluarkan lelehannya. seperti yang kita ketahui entah mastubarsi ato seorang laki2 yang sedang melakukan hubungan intim dengan istrinya pasti akan mengeluarkan lelehan, betul bukan? nah kalo kita menginterpretasikan najis = dosa, bukankah berarti laki2 yang melakukan hubungan intim dengan istrinya sehingga mengeluarkan lelehan artinya berdosa juga?padahal hubungan suami istri dalam kekristenan adalah anugrah Tuhan dan itu berfungsi untuk melahirkan keturunan.

    2. kemudian hal yang sama terjadi pada perempuan dan berada pada ayat imamat 15: 19. disitu ditambahkan seorang perempuan mengeluarkan darah. seperti kita ketahui semuanya bahwa setiap sebulan sekali perempuan akan mens dan akan mengeluarkan darah. kalo kita lagi2 mengartikan najis=dosa apakah berarti perempuan yang mens itu berdosa?

    Temen2 kalo mau baca sampai akhir dipasal imamat 15 ini maka disitu temen2 bakal liat kalau ayat2 sebelumnya itu adalah persiapan orang israel sebelum masuk kemah suci Tuhan, karena kalo mereka tidak melakukan perintah2 itu mereka akan mati. Temen2 juga pasti sudah pada tau kalo bahkan seorang imam dalam perjanjian lama harus melakujkan persiapan yang kusuk kalo ingin menghadap Tuhan dikemahnya..nah menurutku hal2 yang sudah aku jelaskan di 2-point sebelumnya adalah sesuatu yang sama dengan persiapan seorang imam kalo ingin masuk kemah Tuhan.

    3. oia untuk temen2 yang mengandalkan hati nurani untuk mengetahui sesuatu bener ato ngak, alangkah lebih baik kalo temen2 juga belajar firman untuk mengetahui kebenaran. karena kan hati nurani itu bisa terbentuk bukan saja dari firman Tuhan, tapi juga dari budaya atau tempat kita hidup. misalnya orang pakaian seksi diindonesia bisa dianggap orang berdosa, tapi dinegara itu biasa2 aja. jadi satu2nya kebenaran yang hakiki adalah firman Tuhan bukan hati nurani.

    mohon maap kalo ada kata2 yang tidak berkenan.
    ok sekiaan terimakasih Tuhan Yesus memberkati kita semua

  37. eva Says:

    sebenarnya batasan2 pacaran yg paling mentok tuh dimana? apakah harus cara yg paling ekstrim (tidak bersentuhan sama sekali) ?

  38. Asg Says:

    Saya sangat setuju dgn cara mengatasi mastrbs dgn berdoa.. Bhkan bkn hny mastrbsi tp bnyk hal2 n masalah2 yg hrus dibw dlm doa.. Wkt yg lalu sy baca d Ren.Harian bahwa ‘Rencana manusia mmbuat iblis trsenyum, kegiatan gereja yg berlebih mmbuat iblis trbhak, tapi ktika kta brdoa kpd Yesus iblis dienyahkan’ jd mnurut yg sy alami rencana dgn brjanji pd dr sendiri atw pd Tuhan skalipun utk tdk mlkukn mstrbsi ADALAH NOL SELAMA KITA TIDAK BERDOA KEPADA YESUS..

  39. wylson Says:

    Hahahah ini adalah topik yg paling menarik dr blog ini, komentarnya nomer 1 nih. hahhaha. makasih jawabannya, skrng sya sudah mengerti

  40. Xxx Says:

    Menarik bgt…
    Saya mah singkat aja..
    Bayangin aja kalo Tuhan dateng pas kita lg masturbasi…g lucu bgt kan…

    Dr crita temen2 ternyata masturbasi tuh terjadi karena pengetahuan kita yg terlalu dlm ttg sex y…
    Mungkin cara mengatasinya salah satunya dgn tidak terlalu banyak menggali lg ttg sex itu sendiri…
    Kalo bwt saya mah tetep deket sama Tuhan menjadi solusi utama…
    Masalah dosa ato ga,,saya g bisa simpulkan..toh kalo kita g ngelakuin ha itu juga kan g rugi meskipun katanya baik dr sisi kesehatan…
    Prasaan bersalah hanya akan bikin citra diri kita sebagai org kristen rusak…
    O ia sgala sesuatu yg brasal dr iblis slalu indah dan menyenangkan ko,,tp cuma di dunia ajja…

  41. Vicky Fernandes Says:

    Misi”, Numpang Tuang Pkiran deh, @@
    Misi ya Kko”/Cci”..
    : )

    Bingung Bgt saya sama msalah yg 1 ini, Pkir gue tuh Gni, Lebih Baik Gue Onani Di Banding Berzinah..
    –”
    Mkannya Onani Bisa sering bgt deh, Tapi Klo pcaran, Boro” ciuman, Pgangan Tangan ajh Nggk berani..

    Gmna Solusinya, T 3T
    Mw Bener di Hadapan Tuhan, Udh Mulai Jadi Usher di Greja, Baptis pun udh, Truss gmna ya??..

    Apa Msh 1 Pendapat Klo Onani tuh salah??..
    @@

    Msh SMP ni Kls 3, Bru Llus, Jadi Mohon Buat smwa, Kko & Cci, Bantuannya, Pencerahannya, : )
    Sbelum trjerumus lebih dalam, hhe..

    Thanks ya, GBu alL..
    : )

  42. Vicky Fernandes Says:

    Oooh ia, Aku Lupa, Klo ada saran and Mohon Bantuan Doanya buat Aku kko & Cci..

    Bisa deh sms ke aku ya, hhe..
    : 0831-7299-6749

    Yg Punya Pengetahuan Lebih Mohon SMS ya, hhe..
    Thanks a Lot, GBu..
    : )

    #Vicky Fernandes, Dari GBi Rayon 9A,Sawangan
    : )

  43. Alvan Abe Says:

    aduh , kakak” semua sbner.a saya sangat menghargai pendapat anda semua , saya jg sbner.a lagi menyaring sbner.a itu bole apa gk yh mnurut kristen .
    tp saya puny pertanyaan nih , klo kita pcaran itu sekedar cium bibir dan berpelukan boleh gk sih ?
    apa itu dosa walau itu cuma rasa kasih sayang tanpda dibarengi dgn nafsu .
    GBUs’

    • Randy Says:

      Pertanyaannya sederhana: Yakin gak ada nafsu? Gak yakin gue ada cowok yang gak punya nafsu sama ceweknya. Kalau gak ada nafsu pasti itu cewek sebenarnya bukan typenya….. Tapi kalau itu cewek cantik buanged di mata cowoknya, rasanya omong josong bisa ciuman bibir tanpa nafsu.

      Kalau sekedar rasa kasih sayang….ada banyak cara untuk mewujudkannya, gak usah cari pembenaran untuk ciuman bibir atau apapun itu. Apakah ciuman bibir itu dosa? Ada ayatnya gak sih? Saya belum menemukan ayatnya…. jika menurut Alkitab, yang dosa adalah menyingkapkan ketelanjangan….. Tapi, kalau memakai logika….ciuman bibir adalah langkah awal dari godaan.

      Ibarat buah terlarang sudah di tangan, dan sudah dihirup wanginya dan dijilat kulitnya. Kita mempertipis jarak dengan dosa. Sebagaimana hawa selangkah lagi dari menggigit buah, saya percaya orang ciuman juga semakin memperbesar dorongannya untuk hubungan yang lebih intim.

      Gak percaya saya ada orang bisa ciuman bibir tanpa nafsu dengan pacarnya….

  44. Randy Says:

    Logikanya jika semua obrolan di atas bahwa onani itu dosa, ada beberapa hal yang sulit untuk dilakukan….
    1. Tidak akan ada pengontrolan kehamilan. Dengan demikian untuk menghindari perbuatan onani, orang harus menghadapi resiko mempunyai terlalu banyak anak. Karena setiap berhubungan sex harus dibuang ke rahim….dan otomatis hamil. Apa tahu resiko punya banyak anak? Ya, tentu saja susah diberi makan dan kesejahteraannya bisa terabaikan. Jadi apakah onani itu dilarang, atau membuat terlalu banyak anak dan tidak bisa memberi makan dan pendidikan yang layak yang dilarang? (jangan bicara alat kontrasepsi ya….karena saya bicara konteks waktu alat kontrasepsi belum ditemukan)

    2, Kalau tidak boleh membuang sperma di luar tubuh istri, berarti pada masa di mana alat kontrasepsi belum ditemukan….semua laki-laki harus puasa sex selama setahun penuh, karena bisa membunuh bayi jika berhubungan sex saat hamil.

    Tahu apa akibat puasa sex selama itu? Bisa meningkatkan resiko kanker prostat…. Dan yang paling berbahaya bisa meningkatkan angka pemerkosaan, karena menahan sex sekian lama membuat dorongan mencapai titik tidak bisa balik.

    Berhubung kita tidak percaya ada dosa kecil dan dosa besar, karena semua dosa adalah maut…..laki-laki bisa jadi lebih memilih untuk mencari gadis muda dan memperkosanya. Ini serius loh! Coba pikir…..jika memperkosa wanita muda dan onani sama-sama dosa….laki-laki akan pilih yang mana? Hayo laki-laki yang ada di sini saya tanya ke anda….sanggup puasa sex saat istri hamil setahun penuh? Kalau anda sanggup ketahuilah bahwa anda hanya segolongan kecil orang hebat menahan dorongan seks. Sedangkan sisanya akan menjadi bom aktif yang mengancam keperawanan gadis-gadis muda.

    Tentu idealnya menurut sebagian orang adalah bertahan. Tapi dunia ini bukan tempat ideal…. dan manusia tempatnya segala kelemahan. Jadi saat dorongan itu tidak tertahankan lagi….pilihan hanya ada 4:

    1. Bersetubuh dengan istri dan membunuh jabang bayi
    2. Menikah dengan beberapa istri supaya ada istri lain saat yang lain hamil (kasarnya ban serep)
    3. Menjadi bom aktif yang sewaktu-waktu bisa meledak dan memperkosa gadis-gadis muda
    4. Onani….

    Bagi saya….membahayakan nyawa bayi jelas dosa. Menikah dengan banyak istri jelas dosa, memperkosa jelas dosa…. Onani dosa juga kah? Saya setuju dengan penulis blog ini, bahwa tidak ada larangan yang jelas di Alkitab tentang itu. Kasus Onan dan mani tumpah yang dihidangkan di diskusi panjang ini masih sangat dangkal pembahasannya….

    Soal Matius…..barangsiapa melihat wanita dan menginginkannya sudah berzinah….bla…bla…congkel mata…dst. Saya mau tanya….siapa laki-laki di dunia ini yang tidak pernah sekalipun “menginginkan” wanita saat dia melihatnya….mungkin hormonnya kurang. Jadi ayat ini memang ada, tapi bagaimana kita memahaminya itu yang jadi masalah. Jika anda memahami bahwa melihat wanita dan menginginkannya adalah dosa, maka jangan tanggung-tanggung…..lakukan keseluruhan ayat…..saat anda menginginkan seorang wanita congkellah mata anda. Jika semua orang memahami alkitab seperti ini, maka hampir semua pria kristen harus buta…..karena yang hormonnya kurang saja yang tidak akan pernah mengalami ini.

    Terakhir, sex itu diatur di dalam otak oleh suatu zat yang berperan mengatur rasa lelah, rasa lapar, dan sex. Jadi sex itu sesuatu yang meminta pemenuhan….saat anda lelah anda harus istirahat, saat anda lapar anda harus makan, saat anda mempunyai hasrat sex bagaimana? Puasa setahun penuh karena istri anda hamil? Jadi bom aktif bagi gadis-gadis muda karena belum punya istri? Bukankah Tuhan terlalu berat pada laki-laki jika memberikan tubuh yang aktif dorongan seks sepanjang hayat….tapi hanya bisa dipenuhi setahun sekali (itupun kalau sudah punya istri), karena tidak boleh menumpahkan diluar saat sudah menumpuk di dalam tubuh….

    Sekali lagi yang menganggap boleh….itu hanya tafsir anda. Yang menganggap tidak boleh itu juga tafsir anda…. Saya cuma mau memperlihatkan masalah dibalik yang menafsirkan bahwa onani itu dosa….

  45. Pasaribu Says:

    untuk mas Garam Dunia, menurut saya artikel ini sudah cukup baik, namun karena sangat pendek dan kurang pendalaman alkitabiahnya, (hanya dicantumkan ayat tanpa penjelasan mendalam), dikhawatirkan dapat membawa umat pada pemahaman yang salah.

    Saya hanya ingin mengungkapkan bahwa benar adanya Firman Tuhan tidak pernah menyentuh langsung tentang masturbasi, namun Tuhan Yesus tahu bahwa bnyk kelicikan orang Farisi yang menganggap bahwa pikiran mengingini/lust terhadap perempuan yang tidak diaktualisasikan, (hanya dalam ranah pikiran), bagi org Farisi tidak dapat disebut berzinah. Sehingga Tuhan Yesus perlu menyebut Matius 5:28 tersebut: “Tetapi Aku berkata kepadamu: Setiap orang yang memandang perempuan serta menginginkannya, sudah berzinah dengan dia di dalam hatinya”.

    Nah, untuk topik masturbasi, saya pikir Matius 5:28 adalah kunci, karena keluar dari perkataan Yesus sendiri. Pertama, coba tanya diri kita sendiri dengan jujur, apakah mungkin kita bermasturbasi tanpa membayangkan/memvisualisasikan=mengingini sedang bersetubuh atau berhubungan dengan seorang perempuan. Saya sendiri menjawab tidak bisa. Dengan alasan demikian, dapat ditarik kesimpulan bahwa masturbasi=membayangkan bersetubuh dengan seorang perempuan=memandang perempuan serta menginginkannya=sudah berzinah dengan dia di dalam hatinya. Mustahil rasanya, seorang laki-laki dapat melakukan masturbasi dengan pikiran kosong atau tertuju pada Tuhan, tanpa mengingini seorang peremuan dengan penuh hawa nafsu. Oleh karena itu, masturbasi adalah dosa.

    Standar Tuhan begitu tinggi, sehingga ia menyebut membenci (hatred) seseorang sebagai membunuh (murder) (Matius 5:21-22), Ia menganggap mengingini perempuan dalam pikiran atau hati dengan hawa nafsu (lust) sebagai perzinahan (adultery) (Matius 5:27-28). Kita tidak hanya berdosa atas apa yang kita perbuat secara riil namun juga atas pikiran/perasaan kita yang tidak berkenan kepada Allah. Di sinilah anugerah Tuhan di dalam Kristus berperan, bukan berarti kita pasti tidak pernah jatuh dalam dosa pikiran mengingini perempuan (lust), namun Ia sedia mengampuni kita dalam perjuangan seumur hidup kita melawan dosa (baik perbuatan maupun pikiran atau perasaan), sehingga pada akhirnya kita dapat menyenangkan hati Tuhan dalam standarnya Tuhan, bukan standar kita sebagai manusia. Butuh pertolongan Roh Kudus untuk kita mengerti ini, karena diri manusia sudah terperangkap dalam natur berdosa dan kompromi trhdp dosa.

    Kiranya, dapat menolong pemahaman teman-teman terkait masturbasi, ada buku yang bagus tentang ini dan penjelasannya lebih mendalam daripada tulisan saya, judulnya Every Young Man’s Battle, ada di toko buku Kristian terdekat, hehe. Gbu All. Keep Fighting. Shalom.

  46. Daalton Says:

    Shallom, untuk semua komentator yang ada, saya ingin mengajukan suatu pertanyaan : Apakah wanita yang sedang haid (menstruasi) adalah berdosa di hadapan Tuhan ?
    (Karena berhubung ada di kitab Musa yang menuliskan bahwa najislah seorang wanita yg mengeluarkan lelehan berupa darah)
    Thanks before…. Gbu :)

  47. Liber teguh Says:

    Saudara saudara yg terkasih dalam nama Yesus kriztuz,janganlah anda berdebat seperti orang kafir,janganlah anda seperti keturunan ismael yg merasa dirinya benar
    jawabanya adalah”JIKA ANDA HIDUP MENURUT AJARAN KRISTUS,MAKA APAP0N YG MENJADI DOSA DAN CELA akan anda ketahui…jangankan mengetahui dosa
    “jika ada imanmu sebesar biji sawi,gunungp0n bisa kau pindahkan”
    aku berkata mengataznamakan Nama yesus kriztuz,maaf perkataan ataz nama yesus adakah pazti kebenaranya…

  48. haryanto.k Says:

    pastilah sangat sulit untuk lepas dari mastrubasi/onani tapi punyailah konsep seorang pecundang jatuh sekali dan ia tidak akan bangkit lagi tetapi seorang pemenang 7 kali ia jatuh 7 kali juga dia bangkit jika dalam diri anda ada perasaan bersalah ingatlah 1 yohanes 1:9 jika kita mengaku dosa kita maka Ia yang stia dan adil akan mengampuni dan menyuckan kita dari dosa,jadi jangan pernah menyerah untuk lepas dari kebiasaan mastrubasi,percayalah dimana ada kemauan di situ ada jalan,jadi berapa kali pun kamu jatuh dalam dosa mastrubasi,bangkitlah sebagai seorang pemenang bukan seorang pecundang

  49. yesaya Says:

    wah, membaca artikel di atas dan komentar” teman-teman sekalian ini benar-benar membuka pikiran saya. topik semacam ini memang sangat penting untuk dibahas

    saya jd ingin sharing, sebenarnya saya belum merasa berhasil menangani kebiasaan buruk ini. sudah lama sekali saya tidak masturbasi dan menonton film porno. namun dulu juga saya pernah seperti ini, yaitu berhasil menahan hawa nafsu untuk beberapa lama, tp pd akhirnya pikiran buruk itu dtg lagi dan akhirnya saya melakukan masturbasi dan nonton film porno lagi.
    saya menjadi kurang percaya diri, disatu sisi saya merasa telah berhasil menahan hawa nafsu, tp di satu sisi saya juga takut kalau nanti muncul pikiran2 buruk.
    tp yang saya lakukan adalah terus mencoba bertahan untuk terhindar dari hal-hal kotor tersebut. Dan saya bersyukur bisa sampai thread ini, membaca argumentasi-argumentasi disini membuat saya semakin merasa bahwa saya mampu untuk tidak lagi berbuat hal-hal tersebut, mungkin itu saja dari saya, terimakasih semua, GBU all :D

  50. om dewa Says:

    mastur mastur om mastur kaleeee,gw cowok,cari cewek,081215521653

  51. Pdt.Candry Says:

    Saya setujuh dengan statment”SEX UNTUK dinikmati PASANGAN SUAMI ISTRI” jadi jelas disini sex bukan untuk diri sendiri (MASTURBASI)tetapi untuk tujuan kepuasan suami istri dan menghasilkan keturunan…JADI MASTURBASI ADALAH DOSA..


  52. situs ini bagus ya untuk edukasi ttg seksual.. ^_^)
    dalam ISLAM pun
    masturbasi itu sesuatu hal yang melampaui batas, dan Allah tidak menyukai orang yang melakukan melampaui batas
    jadi mengenai dosa besar atau kecil nya, malaikat yang mencatatnya.. dan Allah lebih mengetahuinya..

    dengan mempelajari kitab sepenuhnya.. belajarlah dengan berkelompok dan sharing dengan orang-orang shalih… hingga kalian akan menemukan kebenaran… karena Allah memberikan kita akal untuk membedakan yg hak dan batil..
    ini adalah salah satunya, semoga tetap teguh memegang IMAN
    http://id.wikipedia.org/wiki/Muhammad_Quraish_Shihab
    http://harunyahya.com/

  53. dewa resa Says:

    tuhan kekuatanmu………….gua cowok,cari cewek,081215521653

  54. endar Says:

    Situs siapa ini????? Yang mengatakan Masturbasi itu TIDAK DOSA adalah hamba iblisssssss. MASTURBASI adalah DOOOOOOOOOSAAAAAAAAAAAAAAAAA. KITA JANGAN DIPERMAINKAN OLEH LOGIKA iblisssssss. masturbasi sama dengan iblissssssssss.

  55. david Says:

    kl blm punya istri tetap lebih baik masturbasi daripada memperkosa ato cari psk.

  56. sylvia Says:

    Kalau kidung agung itu tentang apa sih?

  57. aldo bungkulan hutagalung Says:

    saya seorang remaja,umur 14 tahun.setiap malam,saya terbayang-bayang hal-hal seperti itu,lalu saya buka internet dan mulai berfantasi.setelah melakukan itu,saya berjanji tidak melakukannya lagi.tapi esoknya,hal yang sama terjadi kembali.saya bingung mau cari arah,saya seperti domba tanpa gembala.lalu,saya cari cara menghilangkan kebiasaan ini,tapi tidak berhasil juga.jadi,saya minta ajarannya ya kak supaya saya bisa kembali menjadi keluarga kerajaan Allah yang suci dan bersih.GBU………


    • Dorongan seksual adalah sesuatu yang hakiki dalam diri kita. Itu pertanda bahwa kita manusia normal. Tapi dorongan itu tidak mesti dilempiaskan dengan sembarangan saja: masturbasi, selingkuh atau hubungan pra nikah. Dorongan itu hanya mungkin diekspresikan dengan pasangan kita saja, dan semestinya setelah kita menerima sakramen pernikahan/perkawinan. Itu ajaran Gereja Katolik.

      Hubungan seksual di luar nikah itu dosa, demikian juga masturbasi. Dorongan itu mesti diekspresikan dalam kerang heteroseksual (dengan lawan jenis). Yang kita junjung tinggi adalah pengendalian diri dengan kontrol perasaan dan akal sehat. Itulah hidup seksual yang sehat, dan dengan itu juga pribadi yang sehat, matang. Coba kalian rasakan perbedaan keadaan batin yang tenang apabila kita mengendalikan dorongan itu, karena dorongan itu hanya berlangsung sesaat saja, lalu hilang pergi. Kalau dorongan itu diekspresikan secara salah (masturbasi, selingkuh) pasti keadaan batin tidak akan pernah tenang, selama kalian belum bertobat……

      Tuhan memberkati……
      Avent Saur, SVD

  58. abramsp Says:

    wah. menarik jg nih komen2nya. maaf kalo pertanyaan sy ini vulgar. kalo sy berhubungan (dgn istri) utk menghindari kehamilan (krna tanpa kontrasepsi) sy selalu keluarkan diluar ya melalui cara itu. nah..kalo gitu gimana dong?

    • Blegoh Says:

      Komentar2 diatas kebanyakan buat anak muda dan belum menikah..
      bagaimana jika sudah berumah tangga.. hasrat sex muncul saat suami/ istri berada di kota yang berbeda.. berbagai situasi yg jadi alasan hrs tinggal berjauhan. contohnya seorang pelaut dsb..

      apakah dosa jika melakukan masturbasi atau onani dengan membayangkan pasangan kita sendiri. ??

      mengingat untuk seorang pria yg sudah berumah tangga,jika produksi sperma sdh menumpuk akan muncul gejolak dalam diri dan dan juga terkadang muncul rasa nyeri..

      hasrat sex muncul bukan hanya krn lihat atau membayangkan sesuatu yg cabul,porno atau roman..
      bisa juga timbul dorongan dari dalam dikarenakan sperma sdh menumpuk.

      saya pernah membaca sebuah artikel bhw salah satu penyebab kanker prostat adalah tidak tersalurkannya sperma yg sudah menumpuk..

      dengan pertimbangan2 spt itu,apakah dosa jika melakukan onani dg membayangkan istri sendiri ??
      (yang dosa kan membayangkan wanita lain yg bukan istri hehe)

      mohon pencerahan .. terima kasih..
      Tuhan memberkati.


  59. Wilson ND
    Menurut aku sih , ngak ada Pria normal jaman sekarang yang ngak pernah masturbasi , atau tidak pernah berpikiran kotor pada wanita
    aku sendiri melakukannya , alasanku karna nafsu dan menghindari zini , ini adalah aku apa adanya , jika ada yang ingin menghakimiku silahkan , tapi aku takkan mnghakimi siapapun
    amin
    tambahan , menurutku onan melakukan itu karna tdak ingin memberikan keturunan pada abangnya .


  60. maksutku menghindari zina

  61. Novian Says:

    Saya mau tanya, bolekah setelah melakukan mastrubasi kita masuk ke dalam greja..? Apakah itu tidak najis menurut kita (umat Kristen)..?

  62. endar Says:

    garam duniaa, sebaiknya anda tutup situs anda ini….. inilah hasil rekayasa iblis. Kamu sadar atau tidak sich???? kok makna onani/masturbasi anda kaburkan? jangan gitu doang. Saya jadi curiga, jangan-jangan anda ini orang yang ingin menghacurkan anak-anak TUHAN. Jangan-jangan anda ini si wiro sableng itu yaaa? dasar kamu gilaaaa. Onani/masturbasi situ terjadi kalau kita mempermaikan pikiran mesum kita, tahu!!!???? nah, kalau kamu tidak paham, kamu adalah benar si tipudaya iblis itu.

  63. ari Says:

    “Dan orang-orang yang menjaga kemaluannya, kecuali terhadap isteri-isteri mereka atau budak yang mereka miliki; maka sesungguhnya mereka dalam hal ini tiada tercela. Barangsiapa mencari yang di balik itu maka mereka itulah orang-orang yang melampaui batas.” [QS. Al-Mu'minun: 5 - 7]

    “Wahai sekalian para pemuda, barangsiapa di antara kamu yang mempunyai kemampuan hendaklah segera menikah, karena nikah itu lebih menundukkan mata dan lebih menjaga kehormatan diri. Dan barangsiapa yang belum mampu hendaknya berpuasa, karena puasa itu dapat membentenginya.” (HR. Al-Bukhari: 4/106 dan Muslim no. 1400 dari Ibnu Mas’ud]

  64. dwi kesaulya Says:

    nama gw dwi. gw bingung sebenarnya onani itu buruk atau tidak saya sering melakukan onani tapi itu untuk menjauhkan gue dari seks bebas. apa itu sesuai apa yang Yesus mau???? Bingung bnget gue. gue onani ]uga untuk menghindari dari membuat hal yang nggak baik bagi temen2 gue yang cewek dan cewek gue. Ap itu salah???? Gue mohon ada orng yang bisa kasih gue nasihat yang bagus. cause menurut gue ini hanya satu-satunya cara gue terhindar dari sex bebas

  65. mynicknameisAshoka Says:

    .Masturbasi itu adalah salah satu dosa zinah dan penyimpangan sexual.
    Dosa zinah jika itu dilakukan dg membayangkan cewek atau cowo.
    Baca Matius 5:28
    Dosa penyimpangan sex karena masturbasi bukan sex atau kegiatan persetubuhan yg wajar sama dg oral sex,
    Homosexual, lesbianisme.Masturbasi bisa disebut selfie sex entah tanpa membayangksn cowok ato cewek tetap saja ini adalah penyimpangan sex ato sex yg tdk wajar.Baca Roma 1:26-27
    Anda seharusnya tahu sex yg wajar dan tidak yg wajar adalah laki2 dg perempuan bukan selfie(selfie sex).
    Masturbasi dpt membawa pada kelainan sex yg lebih fatal pd cw n cowo mis lesbianisme dan menjadi tdk peduli org lain.
    Buka hati n pikirammu untuk Firman tsb dan bertobatlah.

  66. mynicknameisAshoka Says:

    Jika tdk segera bertobat efek madturbasi bisa spt narkoba sangat mengikat.Krn jumlah resepttor dopamin pd ptak bertambaj banyak, jika sdh begini untuk bertobat anda hrs membayar harga yg sangat mahal,yaitu rasa sakit yg luarbiasa pd tubuh bahkan hati anda tapi anda hrs bertahan.
    Terimalah Yesus sbg Tuhan dan Juruselamatmu Dia adalah Roh Allah yg telah menjadi manusia Mat 1:20
    Dia yg akan membuatmu bertahan dlm pertobatanmu dr masturbasi dan dosa lainnya.

    Jesus Bless You Alll
    Good Bye


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: