Apa Kekristenan Itu?

19 April 2007

Kalau anda bertanya kepada orang kristen, “Mengapa anda menjadi Kristen / Pengikut Yesus?”, apa yang biasanya mereka jawab?

Biasanya orang menjawab:

  1. “Saya dibesarkan di keluarga atau lingkungan Kristen”
  2. “Saya mengikuti tradisi keluarga atau teman-teman”
  3. “Agar hidup saya tenang/terberkati”
  4. “Karena Yesus adalah juru selamat satu-satunya”

Tidak jarang saya menemui orang kristen yang mengalami kesulitan dalam menjawab pertanyaan yang sangat sederhana ini. Karena tidak sedikit dari kalangan orang Kristen sendiri yang tidak begitu mengerti apa arti kekristenan itu!

Lalu, bagaimana untuk mencari jawaban yang benar untuk pertanyaan tersebut? Ya, di Alkitab!! Saya menemukan ringkasan iman kekristenan yang sangat baik dari internet, namanya “2 ways 2 live”. Formatnya sangatlah menarik, dan sangat baik dalam menjawab: “Apa sih kekristenan itu?”

  1. God is loving rulerAllah adalah pencipta dunia dan segala isinya, dan telah menempatkan kita sebagai penguasa dunia dibawah kekuasaan-Nya
  2. God rejectedKita semua telah menolakNya sebagai penguasa dunia dengan mencoba untuk menjalani hidup kita tanpa-Nya. Tetapi, kita telah gagal untuk menguasai kehidupan kita, sekitar kita, dan dunia.
  3. DeathTuhan tidak akan membiarkan kita memberontak untuk selama-lamanya, melainkan, hukuman untuk pemberontakan ini adalah kematian dan penghakiman.
  4. Jesus ChristKarena kasihNya, Allah telah mengirim anakNya yang tunggal, Yesus Kristus. Yesus selalu hidup dibawah hukum Allah, tetapi dengan mati untuk manusia, dia mengambil hukuman manusia dan membawa pengampunan untuk manusia.
  5. Jesus raisedAllah membangkitkan Yesus kembali sebagai penguasa dunia. Yesus sudah menguasai kematian, dan sekarang memberi kehidupan, akan kembali lagi untuk menghakimi manusia.
  6. 2 ways 2 liveHanya ada 2 cara untuk hidup: Cara kita (menolak Allah sebagai penguasa dengan menjalankan hidup kita tanpaNya, akibatnya dihukum oleh Allah dengan kematian dan penghakiman), atau cara Allah (tunduk kepada Yesus sebagai penguasa kehidupan kita, dengan bersandar pada kematian dan kebangkitan-Nya, akibatnya diampuni oleh Allah dan diberikan hidup kekal!

Kesimpulan, untuk menjawab pertanyaan sederhana ini, “apa kekristenan itu”, marilah kita kembali kepada sumbernya, Firman Tuhan itu sendiri. Bukan dari ‘cerita-cerita’ atau ‘analogi’ semata!

About these ads

2 Responses to “Apa Kekristenan Itu?”


  1. allahu akbar,.,.
    ashaduallailahaillallah,.,.,waashaduannamuhammadurrosulullah,.,.,.
    tuhan itu esa,.,.
    dalam pancasila yg ke 1 jha udah jelazz,.,.
    1.ketuhanan yg maha esa
    berarti yg mempunyai tuhan 3,.,.berarti melanggar pancasila dong,.,.

    SALAM DAMAI
    hamba allah,.,.
    ummat muhammad SAW,.,.

  2. erika putri Says:

    Hanya disaat engkau percaya , maka engkau akan mengerti.

    Adakah Penyelamat yang berani mengatakan dengan jelas, AKULAH JALAN DAN KEBENARAN DAN HIDUP, TIDAK ADA SEORANG PUN YANG DATANG KEPADA BAPA ( SORGA ) KALAU TIDAK MELALUI AKU ( yESUS )

    Hanya Yesus swatu – satu ny6a jalan itu.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: